Iklan

Iklan

Pertanyaan

The following text is for questions 6 to 10.

    There once lived a beautiful Javanese princess named Roro Jonggrang. She was sad because her father, Prabu Baka, was defeated and killed by Bandung Bondowoso who wanted to marry her. She really didn't want to marry him, so she made a condition that she would marry him if he could build one thousand temples in one night as a wedding gift. Bandung agreed with this condition.

    Bandung Bondowoso started building the temples, being helped by the spirits of demons. Roro Jonggrang was in a panic because the work was nearly done. So, she woke all the women in the palace up and ordered them to make noisy sounds of grinding rice that made roosters think that the dawn had already broken. Knowing that Roro Jonggrang had deceived him, he became angry and cursed her.

    Suddenly, the princess turned into a statue. Bandung Bondowoso then regretted this and he decided to go away to a far land.

What can we learn from the story?

What can we learn from the story?

  1. We should be powerful.

  2. We should not cheat others.

  3. Don't try to work with demons.

  4. Don't force people to do things they don't want.

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks ini menceritakan tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso ingin menikahi Roro Jonggrang, namun ia adalah pembunuh ayah Roro Jonggrang. Untuk menolak lamaran Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang memintanya membangun seribu candi dalam waktu semalamsebagai hadiah pernikahan. Menyetujui permintaan tersebut, Bandung Bondowoso yang dibantu oleh jin. Seribu candi permintaan Roro Jonggrang pun hampir terpenuhi dalam waktu semalam. Panik mengetahui hal ini, sebelum matahari terbitRoro Jonggrang menyuruh para pelayan di kerajaannya untuk menumbuk padiagarayam-ayam berkokok. Mendengar ayam yang berkokok, Bandung Bondowoso mengiramatahari sudah terbit namun candi yang dibuatnya masih berjumlah 999.Ia mengira iatelah gagal memenuhi permintaan Roro Jonggrang. Karena marah, ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu dan menjadikanya candi yang ke seribu. Bandung Bondowoso menyesali perbuatannya karena pada akhirnya dia tidak dapat menikahi Roro Jonggrang yang sudah jadi batu. Dari penjelasan tersebut, kita dapat belajar bahwa kita tidak dapat memaksakan kehendak kita kepada seseorang dan memaksa orang tersebut untuk melakukan apa yang kita mau ( Don't force people to do things they don't want . )Karena hal tersebut dapat merugikan diri kita sendiri, seperti Bandung Bondowoso yang akhirnya tidak bisa menikah dengan Roro Jonggrang karena perbuatannya sendiri. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Teks ini menceritakan tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso ingin menikahi Roro Jonggrang, namun ia adalah pembunuh ayah Roro Jonggrang. Untuk menolak lamaran Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang memintanya membangun seribu candi dalam waktu semalam sebagai hadiah pernikahan. Menyetujui permintaan tersebut, Bandung Bondowoso yang dibantu oleh jin. Seribu candi permintaan Roro Jonggrang pun hampir terpenuhi dalam waktu semalam. Panik mengetahui hal ini, sebelum matahari terbit Roro Jonggrang menyuruh para pelayan di kerajaannya untuk menumbuk padi agar ayam-ayam berkokok. Mendengar ayam yang berkokok, Bandung Bondowoso mengira matahari sudah terbit namun candi yang dibuatnya masih berjumlah 999. Ia mengira ia telah gagal memenuhi permintaan Roro Jonggrang. Karena marah, ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu dan menjadikanya candi yang ke seribu. Bandung Bondowoso menyesali perbuatannya karena pada akhirnya dia tidak dapat menikahi Roro Jonggrang yang sudah jadi batu.

Dari penjelasan tersebut, kita dapat belajar bahwa kita tidak dapat memaksakan kehendak kita kepada seseorang dan memaksa orang tersebut untuk melakukan apa yang kita mau (Don't force people to do things they don't want.) Karena hal tersebut dapat merugikan diri kita sendiri, seperti Bandung Bondowoso yang akhirnya tidak bisa menikah dengan Roro Jonggrang karena perbuatannya sendiri.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

63

Alif Lam Mim

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

What can we learn from the story?

8

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia