Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Belum habis katanya, ia sudah menyimpang mendekati kembang setahun itu. (2) Sambil menunjuk membelai-belai bunga yang segar-segar itu, ia berkata, “Bagaimana engkau tersesat di tengah-tengah rimba ini? Siapakah yang menanammu di sini?” (3) Yusuf datang mendekat pula, “Tentulah ada orang membawa kembang setahun kemari, terjatuh atau dibuangkannya di sini setangkai yang sudah tua.” (4) “Bagus benar, bagus benar,” ujar Maria, tiada memperdulikan kata Yusuf, belum puas rupanya mengucapkan kekagumannya melihat kembang itu. (5) “Kalau kita di Jakarta, tentu saya cabut sekaliannya akan ditanam di rumah.” (6) “Tidak usah engkau cabut, ambil saja kembangnya yang tua. Cukuplah itu ditanami!”space 

Watak tokoh Maria dalam kutipan tersebut adalah ....

Watak tokoh Maria dalam kutipan tersebut adalah ....space 

  1. penyayangspace 

  2. pemikirspace 

  3. penyabarspace 

  4. penyantunspace 

  5. pemberispace 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Watak tokoh adalah bagaimana karakter atau sifat yang tokoh dalam suatu drama. Watak tokoh terdiri dari protagonis, antagonis, dan tritagonis. Penggambaran atau pendeskripsian watak tokoh dapat dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung. Dengan penggambaran secara langsung, watak tokoh dinyatakan lewat penjelasan langsung pengarang. Sementara itu, dengan penggambaran secara tidak langsung, watak tokoh biasanya dilakukan melalui pikiran-pikiran tokoh, dialog antartokoh, tingkah laku atau tindakan tokoh, tanggapan tokoh lain, deskripsi fisik, dan lingkungan sekitar tokoh. Watak Maria yang pemikir ditunjukkan oleh bagaimana dia menanyakan perihal bunga tua yang berada di rimba tersebut. Alih-alih memetiknya untuk dia bawa dan ia tanam di rumah, Maria malah bertanya tentang bagaimana bunga itu bisa sampai di sana dan siapa yang menanamnya di sana. Perilaku itu menunjukkan bahwa Maria adalah seorang pemikir. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Watak tokoh adalah bagaimana karakter atau sifat yang tokoh dalam suatu drama. Watak tokoh terdiri dari protagonis, antagonis, dan tritagonis.

Penggambaran atau pendeskripsian watak tokoh dapat dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung. Dengan penggambaran secara langsung, watak tokoh dinyatakan lewat penjelasan langsung pengarang. Sementara itu, dengan penggambaran secara tidak langsung, watak tokoh biasanya dilakukan melalui pikiran-pikiran tokoh, dialog antartokoh, tingkah laku atau tindakan tokoh, tanggapan tokoh lain, deskripsi fisik, dan lingkungan sekitar tokoh.

Watak Maria yang pemikir ditunjukkan oleh bagaimana dia menanyakan perihal bunga tua yang berada di rimba tersebut. Alih-alih memetiknya untuk dia bawa dan ia tanam di rumah, Maria malah bertanya tentang bagaimana bunga itu bisa sampai di sana dan siapa yang menanamnya di sana. Perilaku itu menunjukkan bahwa Maria adalah seorang pemikir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

34

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Muka Kasan Ngali pucat sedikit. Ia menatap buruh itu satu-satu. Dan mereka diam. Kata Kasan Ngali mengakhiri, ”Tutup mulut kalian. Tutup!” “Kami tak tahu apa-apa, Pak.” “Kami datang sudah begini...

34

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia