Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan novel berikut!


Aku dan Arai sibuk seperti tupai mengumpulkan biji pinang. Kami banting tulang mencari uang. Melalui persekongkolan dengan beberapa imigran gelap, aku mendapat pekerjaan part time sebagai door man, tukang buka pintu di Restoran La Jaconde di Goncourt. Meskipun seragamku sangat anggur, lengkap dengan topi tingginya, dan ayahku pasti bangga melihatnya, namun pekerjaan door man adalah pekerjaan yang mengerikan.

Dikutip dari: Andreas Hirata, Edensor, Yogyakarta, Bentang Pustaka, 2008space

Watak tokoh Aku dalam kutipan novel tersebut adalah....

Watak tokoh Aku dalam kutipan novel tersebut adalah....space

  1. bijaksanaspace

  2. putus asaspace

  3. temperamenspace

  4. tanggung jawabspace

  5. pantang menyerahspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space

Iklan

Pembahasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku. Salah satu unsur instrinsik novel adalah penokohan, yaitu penyajian watak-watak tokoh dalam cerita tersebut. Di mana bisa dilihat dari perilaku tokoh, dialog, pilihan-pilihan tokoh, deskripsi atau penjelasan penulis. Watak tokoh dalam kutipan novel tersebut terlihat pada kalimat "Kami banting tulang mencari uang. Melalui persekongkolan dengan beberapa imigran gelap, aku mendapat pekerjaan part time sebagai door man. " Berdasarkan kalimat tersebut, watak tokoh Aku dalam cerita tersebut terlihat pantang menyerah, berbagai cara apapun dia lakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Salah satu unsur instrinsik novel adalah penokohan, yaitu penyajian watak-watak tokoh dalam cerita tersebut. Di mana bisa dilihat dari perilaku tokoh, dialog, pilihan-pilihan tokoh, deskripsi atau penjelasan penulis.

Watak tokoh dalam kutipan novel tersebut terlihat pada kalimat "Kami banting tulang mencari uang. Melalui persekongkolan dengan beberapa imigran gelap, aku mendapat pekerjaan  part  time sebagai door man." Berdasarkan kalimat tersebut, watak tokoh Aku dalam cerita tersebut terlihat pantang menyerah, berbagai cara apapun dia lakukan untuk mendapatkan pekerjaan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

130

Danish Faisal

Bantu banget

Gloria Bonita

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Muka Kasan Ngali pucat sedikit. Ia menatap buruh itu satu-satu. Dan mereka diam. Kata Kasan Ngali mengakhiri, ”Tutup mulut kalian. Tutup!” “Kami tak tahu apa-apa, Pak.” “Kami datang sudah begini...

43

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia