Roboguru
SD

Pendeskripsian watak tokoh ayah merupakan seorang pendiam dalam kutipan novel tersebut adalah melalui ....

Pertanyaan

Cermati penggalan novel berikut!

(1) Ayah melepaskan kami seperti takkan melihat kami lagi. (2) Bagi beliau, Eropa tak terbayangkan jauhnya. (3) Ayahku yang pendiam, tak pernah sekolah, puluhan tahun menjadi kuli tambang. (4) Paru-parunya disesaki gas beracun, napasnya berat, tubuhnya keras seperti kayu. (5) Ia menatap kami seakan kami bertanya yang paling berharga, seakan Eropa merampas kami darinya. (6) Air matanya pelan, aku memeluk ayahku, ayah yang aku cintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuhku. (7) Pesawat kecil itu berangkat. Dari jendela, kulihat ayah melambai-lambai dengan sapu tangan yang dulu dipakainya untuk mengikat kakiku pada tuas sepeda Forefer-nya supaya kakiku tak terjerat jari-jari ban. (8) Aku tahu, aku akan merindukan laki-laki pendiam itu. Kulihat lambaiannya sampai jauh hingga tak tampak lagi. Aku tersedu sedan.

(Edensor, Andrea Hirata)

Pendeskripsian watak tokoh ayah merupakan seorang pendiam dalam kutipan novel tersebut adalah melalui ....space 

  1. dialog antartokohspace 

  2. penjelasan tidak langsungspace 

  3. pikiran tokohspace 

  4. tindakan tokohspace 

  5. tanggapan tokoh lainspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan

Sebagai salah satu karya sastra, novel dibangun oleh dua unsur penting, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur pembangun yang berasal dari dalam cerita, sedangkan unsur ekstrinsik merupakan unsur pembangun cerpen yang berasal dari luar cerita. Salah satu unsur instrinsik cerpen adalah tokoh dan penokohan.

Tokoh merupakan pelaku yang terlibat dalam sebuah cerita, sedangkan penokohan merupakan cara pengarang dalam mendeskripsikan watak atau karakter tokoh tersebut. Pengarang dapat mendeskripsikan watak-watak tokoh dengan berbagai dua cara, yaitu: 

  1. Teknik analitik, yaitu penggambaran watak tokoh langsung oleh pengarang
  2. Teknik dramatik, yaitu penggambaran watak tokoh mealui sejumlah sarana, yaitu 1) fisik dan perilaku tokoh; 2) lingkungan kehidupan tokoh; 3) dialog antartokoh; 4) jalan pikiran tokoh; dan 5) penggambaran tokoh lain.

 

Sesuai penjelasan di atas, pendeskripsian watak tokoh ayah merupakan seorang pendiam dalam kutipan novel tersebut dapat dilihat melalui tanggapan tokoh lain. Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat nomor 8, yakni Aku tahu, aku akan merindukan laki-laki pendiam itu. Kalimat tersebut disampaikan oleh tokoh lain yang sedang membicarakan sosok ayah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

5rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Muka Kasan Ngali pucat sedikit. Ia menatap buruh itu satu-satu. Dan mereka diam. Kata Kasan Ngali mengakhiri, ”Tutup mulut kalian. Tutup!”             “Kami tak tahu apa-apa, Pak.”             “Kami...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia