Roboguru

Watak Kodi dan Komal adalah ...

Pertanyaan

Watak Kodi dan Komal adalah ...space

  1. Kodi pemaaf, Komal pendendamspace

  2. Kodi penolong, Komal pelitspace

  3. Kodi pemurah, Komal pencelaspace

  4. Kodi bijaksana, Komal curangspace

Pembahasan Soal:

Watak adalah penggambaran sifat seorang tokoh dalam drama. Watak tokoh dalam cerita fabel ditunjukkan oleh para binatang yang digambarkan karakter baik/protagonis dan ada yang buruk/antagonis. Watak tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh.

Berdasarkan kutipan, teks tersebut berisi tentang Kodi yang memberikan cincin kepada pedagang gerabah. Melalui tindakan tersebut, Kodi menunjukkan watak yang tidak pelit. Lalu, pedagang gerabah memberi mangkuk keramik kecil kepada Kodi. Namun, mangkuk yang didapat Kodi tersebut dicela oleh Komal.
Dengan demikian, Watak Kodi dan Komal adalah Kodi pemurah, Komal pencela.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Raja Kuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom. Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Raden Panji menjadi iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Oleh karena itu, ia ...

Pembahasan Soal:

Watak dalam teks fiksi merupakan cara pengarang dalam memerankan tokoh-tokohnya dalam cerita. Watak tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh. Watak Raden Panji dan Raden Anom digambarkan dari narasi penulis terhadap tokoh. Pada kalimat dua, penulis menggambarkan watak tokoh menggunakan narasi berupa Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Akibat dari konflik yang terjadi pada kutipan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks tersebut menceritakan Kancil yang sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Lantas, ia merasa lapar dan membayangkan betapa nikmatnya memakan mentimun dari ladang di seberang sungai, tapi ia tidak tahu bagaimana caranya menyeberangi sungai. Lalu ia mendapat ide untuk memanggil para buaya dengan mengatakan bahwa ia punya makanan untuk dibagikan. Mendengar itu, Buaya segera berjajar dari tepi sungai satu ke tepi sungai lainnya sehingga membentuk seperti jembatan. Sampailah Kancil ke seberang sungai dengan melompati punggung Buaya satu ke Buaya lainnya. Kancil tertawa dan berterima kasih atas jembatan yang dibuat oleh para Buaya. Para Buaya mengeram dan mengatakan akan memakan si Kancil apabila mereka bertemu kembali.undefined 

Konflik adalah bagian masalah dalam cerita. Konflik dalam cerita tersebut adalah ketika Kancil berbohong akan membagikan makanan pada buaya sehingga buaya mulai berjejer dan Kancil berhitung sambil melompati punggung Buaya sampai di seberang sungai tanpa membagikan makanan seperti katanya. Akibatnya, buaya marah dan mengeram. Buaya hendak memakan Kancil apabila mereka bertemu kembali.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 7! Di pedalaman sebuah hutan yang hijau, ketika musim panas tiba, seekor semut bersama kawanannya tampak akur, berjalan bergerombol...

Pembahasan Soal:

Latar adalah keterangan tentang waktu, ruang, dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra. Tempat terjadinya peristiwa di dalam cerita atau karya sastra termasuk latar, khususnya latar tempat. Salah satu tempat terjadinya peristiwa dalam fabel di atas adalah di hutan. Salah satu kutipan yang membuktikan hal tersebut adalah Suatu hari, langit mendung dan hujan tiba-tiba mengguyur seluruh hutan. Rupanya, musim hujan sudah tiba. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Watak semut dalam cerita adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks fabel adalah teks berisi cerita atau dongeng yang menjadikan binatang sebagai tokoh utama dengan peran dan karakter seperti manusia. Teks fabel bersifat mendidik karena mengandung berbagai amanat atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dicontoh oleh pembaca. Teks fabel dibangun atas beberapa unsur intrinsik yaitu (1) tema: ide cerita; (2) tokoh dan penokohan: pelaku dalam cerita dan watak yang dimiliki tokoh; (3) alur: jalan cerita; (4) sudut pandang: cara pengarang menyampaikan cerita; dan (5) amanat: pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca.

Pada penggalan cerita tersebut digambarkan seekor semut yang berwatak sombong yaitu sikap yang selalu ingin lebih unggul daripada kepompong. Berikut kutipan kalimat yang menunjukkan sikap semut.

"Hai, Kepompong. Lihatlah aku. Aku terlindungi dari badai kemarin, tidak seperti kau yang ada di atas tanah."

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Karakteristik kutipan teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks fabel sering menggunakan kata keterangan waktu untuk menunjukkan latar waktu dan agar lebih menghidupkan suasana yang ada di dalam teks fabel. Di awal kutipan, penulis telah berupaya membawa pembaca untuk melihat suasana cerita dengan latar waktu pagi hari. Latar waktu ini adalah salah satu unsur instrinsik teks fabel yang menjadi karakteristik dari sebuah kutipan teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved