Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan cerita berikut ini!


Corona


    "Hai..kambing!" Ayam membuyarkan lamunan bimbing, seekor kambing.

    "Oh, kamu Yam Yam." "Ada apa pagi-pagi sudah ke luar?" tanya kambing.

    "Aku bosan di rumah. Masa.. aku gak sekolah-sekolah! Nanti aku bodoh," jawab Yam Yam.

    "Iya.... saya juga bingung, " jawab kambing.

    "Sampai kapan ya, Virus Corona ini pergi?" tanya Yam Yam.

    "Entahlah!" jawab Bimbing. "Yang penting sesuai saran pemerintah, jangan lupa selalu mencuci tangan, jaga jarak, dan berdiam di rumah selama 12 hari. Agar bisa memutus rantai penyebaran Virus," ujar Bimbing.

    "Iya juga ya.." jawab Yam Yam. "Kalau begitu, aku gak jadi main. Mau balik lagi. Takut terkena Virus Corona," kata Yam Yam.

    "Jangan lupa berdoa ya.. jaga kebersihan dan tetap berolah raga supaya badanmu sehat," kata Bimbing.space 

Apa pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca berdasarkan kutipan cerita tersebut dari aspek unsur yang dianalisis dan amanat?

Apa pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca berdasarkan kutipan cerita tersebut dari aspek unsur yang dianalisis dan amanat?space 

Iklan

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca berdasarkan kutipan cerita tersebut dari aspek unsur yang dianalisis dan amanatadalah agar tetap mematuhi aturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus dan menjaga kesehatan tubuh.

pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca berdasarkan kutipan cerita tersebut dari aspek unsur yang dianalisis dan amanat adalah agar tetap mematuhi aturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus dan menjaga kesehatan tubuh.space 

Iklan

Pembahasan

Cerita tersebut merupakan jenis cerita fabel , yaitu salah satu dongeng yang menampilkan binatangsebagai tokoh utama. Unsur yang dianalisis dalam cerita di atas berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca adalah amanat , yaitupesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Amanat cerita di atas adalahmasyarakat harus mematuhi aturan pemerintah untukselalu mencuci tangan, jaga jarak, dan berdiam di rumah selama 12 hari agar bisa memutus rantai penyebaran Virus. Selain itu, tetap menjaga kebersihan dan berolahraga untuk menjaga badan sehat. Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca berdasarkan kutipan cerita tersebut dari aspek unsur yang dianalisis dan amanatadalah agar tetap mematuhi aturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus dan menjaga kesehatan tubuh.

Cerita tersebut merupakan jenis cerita fabel, yaitu salah satu dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utama. Unsur yang dianalisis dalam cerita di atas berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca adalah amanat, yaitu pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Amanat cerita di atas adalah masyarakat harus mematuhi aturan pemerintah untuk selalu mencuci tangan, jaga jarak, dan berdiam di rumah selama 12 hari agar bisa memutus rantai penyebaran Virus. Selain itu, tetap menjaga kebersihan dan berolahraga untuk menjaga badan sehat.

Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca berdasarkan kutipan cerita tersebut dari aspek unsur yang dianalisis dan amanat adalah agar tetap mematuhi aturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus dan menjaga kesehatan tubuh.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar waktu pada kutipan fabel tersebut adalah ....

9

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia