Roboguru

Pertanyaan

Warga Kebon Jeruk, Bandung, melakukan demonstrasi dan aksi masa terhadap PT Kereta Api Indonesia (KAI). Konflik tersebut disebabkan lokasi pemukiman warga digusur oleh PT KAI. Konflik tersebut bisa dikategorikan konflik ....

  1. realistik dan horizontal

  2. vertikal dan terbuka

  3. vertikal dan nonrealistik

  4. horizontal dan realistik

  5. nonrealistik dan terbuka

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konflik tersebut dapat dikategorikan sebagai konflik vertikal dan terbuka.

Pembahasan

Konflik sosial dapat dibagi menjadi beberapa kategori atau bentuk. Beberapa bentuk konflik diantaranya seperti konflik vertikal dan konflik terbuka. Konflik vertikal merupakan konflik yang terjadi pada pihak-pihak yang kedudukannya tidak sederajat. Sementara itu, konflik terbuka merupakan konflik yang diketahui oleh berbagai pihak lain, tidak hanya pihak yang terlibat konflik.

Konflik yang terjadi antara pihak PT. KAI dengan warga Kebon Jeruk dapat dikategorikan sebagai konflik vertikal. Hal ini disebabkan kedudukan antara warga Kebon Jeruk dengan PT. KAI tidak sederajat. Kedudukan PT. KAI cenderung lebih tinggi dibanding warga Kebon Jeruk karena memiliki kekuatan (power) yang lebih unggul dari segi sumber daya dan kekuasaan.

Tidak hanya itu, konflik yang melibatkan PT. KAI dengan warga Kebon Jeruk dapat dikategorikan sebagai konflik terbuka. Hal ini disebabkan karena warga Kebon Jeruk melakukan demonstrasi dan aksi massa terhadap PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang mana konflik tersebut tidak hanya diketahui oleh kedua pihak, melainkan diketahui oleh pihak lain (publik) yang tidak terlibat konflik. Oleh karena itu, konflik tersebut dapat dikategorikan sebagai konflik vertikal dan terbuka.

251

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Konflik yang terjadi dalam tubuh partai berlangsung berlarut-larut. Hal ini yang membuat sejumlah tokoh turun tangan untuk mendamaikan kedua kubu. Langkah tersebut tergolong ....

32

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia