Roboguru

Walisongo dalam penyebaran Agama Islam salah satun...

Walisongo dalam penyebaran Agama Islam salah satunya menggunakan seni pertunjukan wayang yang disajikan oleh dalang dengan diiringi gamelan dan gending serta waranggananya. Apa perbedaan dari dalang, gamelan, gending, dan waranggana. Jelaskan! space

Jawaban:

Dalam menyebarkan agama Islam, para Walisongo memanfaatkan seni pertunjukan wayang. Pertunjukan wayang banyak dimodifikasi atau disisipi dengan ajaran Islam sehingga masyarakat dapat mudah menerima ajaran agama tersebut. Dalam menggunakan seni wayang, terdapat beberapa unsur yang berperan, yaitu sebagai berikut.

  1. Dalang. Dalang adalah sebutan bagi orang yang memainkan boneka wayang. Dalang juga bertindak sebagai sutradara, penulis lakon, seorang narator, pemain karakter, penyusun iringan, penyanyi, penata pentas, penari, dan lain sebagainya.
  2. Gamelan. Gamelan adalah salah satu instrumen musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi pementasan wayang.
  3. Gending. Gending merupakan lagu yang berasal dari bunyi gamelan. Gending berfungsi sebagai pengiring pergelaran wayang.
  4. Waranggana. Waranggana adalah penyanyi wanita yang bernyanyi mengiringi alunan gamelan. Umumnya, waranggana disebut sebagai sinden dan hanya satu orang.

Jadi, dalang merupakan orang yang memainkan boneka wayang, gamelan adalah instrumen musik tradisional yang mengiringi pementasan wayang, gending ialah lagu yang berasal dari bunyi gamelan, sedangkan waranggana, yakni penyanyi wanita yang bernyanyi mengiringi alunan gamelan dalam pertunjukan wayang. space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved