Roboguru

Virus corona/ covid 19 termasuk dalam mikroorganisme, coba kaitkan dengan fenomena/ problema dalam biologi!

Pertanyaan

Virus corona/ covid 19 termasuk dalam mikroorganisme, coba kaitkan dengan fenomena/ problema dalam biologi! 

Pembahasan Soal:

Virus adalah jenis patogen (mikroorganisme yang bisa menyebarkan penyakit ke inangya) yang menghinggapi banyak makhluk hidup. Virus merupakan salah satu problema dalam biologi. Salah satu virus yang tengah melanda dunia yaitu virus Corona atau Covid 19, jenis virus yang dapat menyebabkan penularan dari hewan ke manusia. Klasifikasi virus corona dikategorikan menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama yang menyebabkan penyakit ringan hingga sedang (influenza). Kelompok kedua adalah jenis yang menimbulkan penyakit berat dan tidak umum. Misalnya, virus SARS. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangan antara permasalahan Biologi dengan cabang Biologi yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Pasangan yang tepat yaitu sidik jari untuk menentukan terdakwa kasus kejahatan yaitu genetika. Genetika adalah ilmu yang mempelajari gen, variasi genetika, dan hereditas di organisme. Tes sidik jari DNA merupakan serangkaian tes yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi genetik seseorang melalui asam deoksiribonukleat atau yang lebih sering disingkat DNA. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E. undefined 

4

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat organ tumbuhan adalah ....

Pembahasan Soal:

Permasalahan biologi pada tingkat organ juga dapat terjadi pada organ tumbuhan. Misalnya infeksi jamur yang menyebabkan pembusukan pada akar tanaman. Akar tanaman yang sehat umumnya berwarna coklat kekuningan dan sedikit putih. Ketika terjadi terinfeksi jamur akar akan membusuk sehingga menjadi berwarna coklat tua sampai hitam yang akan menyebabkan fungsi akar tersebut menjadi terganggu. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

 

0

Roboguru

Beberapa contoh permasalahan biologi pada tingkat komunitas yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Pada suatu ekosistem sawah terdapat komunitas yang melibatkan populasi padi, populasi tikus, populasi ular sawah, dan juga populasi elang. Masing-masing populasi tersebut saling berinteraksi melalui peristiwa makan dan dimakan atau disebut juga rantai makanan. Apabila jumlah populasi padi berkurang drastis maka jumlah makanan tikus akan berkurang. Tikus-tikus tersebut akan saling berkompetisi untuk memperebutkan makanan. Tikus-tikus yang kalah berkompetisi akan mati kelaparan ataupun pindah ke tempat lainnya. Akibatnya, populasi tikus di sawah tersebut juga ikut berkurang. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat jaringan tumbuhan adalah ….

Pembahasan Soal:

Permasalahan biologi juga bisa muncul pada jaringan tumbuhan. Seperti adanya kontaminasi yang dapat terjadi pada kultur jaringan tumbuhan. Teknik kultur jaringan ini seringkali mengalami kontaminasi misalnya oleh jamur. Dari hal tersebut muncul permasalahan tentang bagaimana  cara meminimalisir kontaminasi jamur pada suatu kultur jaringan tumbuhan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Karang yang mengalami bleaching (2) Kerusakan pada ekosistem terumbu karang (3) Terjadi peristiwa coral bleaching yang disebabkan perubahan zat kimia (4) Ke...

Pembahasan Soal:

Kerusakan ekosistem merupakan permasalahan biologi utama yang berkaitan dengan ekosistem. Ekosistem adalah hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Oleh sebab itu, kerusakan ekosistem mencakup pada kerusakan komponen biotik yaitu makhluk hidup serta komponen abiotik yaitu lingkungannya. Pada pernyataan di soal, terumbu karang merupakan sebuah ekosistem, karena di dalamnya terdapat komponen biotik berupa karang, ikan-ikan yang hidup di dalamnya, dan organisme lainnya yang menempel pada karang. Sementara itu, komponen abiotiknya berupa pasir di dasar laut, bebatuan di sekitar terumbu katang, dan air laut. Selain terumbu karang, hutan juga merupakan sebuah ekosistem yang memiliki interaksi anatara komponen biotik dan abiotik di dalamnya. karang yang mengalami bleaching atau coral bleaching tidak dapat disebut sebagai suatu ekosistem. Hal ini di karenakan coral bleaching hanya melibatkan komponen biotik saja, yaitu karang (karena kerusakannya hanya pada karang saja). Coral bleaching adalah fenomena hilangnya warna pada terumbu karang sehingga terumbu karang berwarna putih.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved