Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Karang yang mengalami bleaching (2)Kerusakan pada ekosistem terumbu karang (3) Terjadi peristiwa coral bleaching yang disebabkan perubahan zat kimia (4) Kerusakan pada ekosistem hutan Beberapa contoh permasalahan biologi pada tingkat ekosistem adalah ….

Perhatikan pernyataan di bawah ini!

(1) Karang yang mengalami bleaching

(2) Kerusakan pada ekosistem terumbu karang

(3) Terjadi peristiwa coral bleaching yang disebabkan perubahan zat kimia

(4) Kerusakan pada ekosistem hutan

Beberapa contoh permasalahan biologi pada tingkat ekosistem adalah …. 

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1 dan 3space 

  3. 2 dan 4space 

  4. 4 sajaspace 

  5. Semua benarspace 

Iklan

I. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

Iklan

Pembahasan

Kerusakan ekosistem merupakan permasalahan biologi utama yang berkaitan dengan ekosistem. Ekosistem adalah hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Oleh sebab itu, kerusakan ekosistem mencakup pada kerusakan komponen biotik yaitu makhluk hidup serta komponen abiotik yaitu lingkungannya. Pada pernyataan di soal, terumbu karang merupakan sebuah ekosistem, karena di dalamnya terdapat komponen biotik berupa karang, ikan-ikan yang hidup di dalamnya, dan organisme lainnya yang menempel pada karang. Sementara itu, komponen abiotiknya berupa pasir di dasar laut, bebatuan di sekitar terumbu katang, dan air laut. Selain terumbu karang, hutan juga merupakan sebuah ekosistem yang memiliki interaksi anatara komponen biotik dan abiotik di dalamnya. karang yang mengalami bleaching atau coral bleaching tidak dapat disebut sebagai suatu ekosistem. Hal ini di karenakan coral bleaching hanya melibatkan komponen biotik saja, yaitu karang (karena kerusakannya hanya pada karang saja). Coral bleaching adalah fenomena hilangnya warna pada terumbu karang sehingga terumbu karang berwarna putih. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Kerusakan ekosistem merupakan permasalahan biologi utama yang berkaitan dengan ekosistem. Ekosistem adalah hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Oleh sebab itu, kerusakan ekosistem mencakup pada kerusakan komponen biotik yaitu makhluk hidup serta komponen abiotik yaitu lingkungannya. Pada pernyataan di soal, terumbu karang merupakan sebuah ekosistem, karena di dalamnya terdapat komponen biotik berupa karang, ikan-ikan yang hidup di dalamnya, dan organisme lainnya yang menempel pada karang. Sementara itu, komponen abiotiknya berupa pasir di dasar laut, bebatuan di sekitar terumbu katang, dan air laut. Selain terumbu karang, hutan juga merupakan sebuah ekosistem yang memiliki interaksi anatara komponen biotik dan abiotik di dalamnya. karang yang mengalami bleaching atau coral bleaching tidak dapat disebut sebagai suatu ekosistem. Hal ini di karenakan coral bleaching hanya melibatkan komponen biotik saja, yaitu karang (karena kerusakannya hanya pada karang saja). Coral bleaching adalah fenomena hilangnya warna pada terumbu karang sehingga terumbu karang berwarna putih.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rogu bersama dengan teman kelompoknya melakukan ekspedisi di sebuah hutan. Berdasarkan hasil ekspedisi tersebut, mereka melihat adanya kayu gelondongan yang diduga hasil pembalakan liar. Mereka juga m...

73

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia