Roboguru

Pertanyaan

Usia yang bertambah dapat menimbulkan penyakit pada arteri. Plak-plak lemak yang terbentuk akibat kolesterol teriksidasi, radikal bebas, dan lain-lain secara perlahan menyumbat pembuluh arteri. Akibatnya kecepatan aliran darah berkurang dan tekanan darahnya meningkat. Penyakit yang dimaksud adalah...

  1. hipotensi

  2. trombus

  3. agina pectoris

  4. arteriosklerosis

  5. atherosklerosis

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Aterosklerosis adalah penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Plak yang menyebabkan aterosklerosis adalah kolesterol, zat lemak dan fibrin. Plak dapat terbawa aliran darah hingga menyebabkan penyumbatan, atau membentuk bekuan darah pada permukaan plak. Hal tersebut menyebabkan peredaran darah dan oksigen dari arteri ke organ tubuh terhambat, selain itu menyebabkan tekanan darah juga meningkat.

  • Arteriosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah akibat dinding arteri kehilangan elastisitasnya karena penimbunan atau pengendapan kapur
  • Trombus adalah tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak seperti trombosit, protein, dan sel darah yang lain yang saling melekat. Sumbatan tersebut tentu akan menghalangi aliran darah yang membawa oksigen ke jaringan yang memerlukan.
  • Hipotensi disebut juga dengan tekanan darah rendah. Hal ini karena seseorang memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan normalnya. Tekanan darah penderita hipotensi adalah kurang dari 90/60 mmHg.
  • Angina pektoris adalah ketidaknyamanan/nyeri dan tekanan pada dada yang disebabkan karena kurangnya darah dan oksigen yang menuju jantung.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan dari: atherosklerosis dengan arteriosklerosis.

189

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia