Iklan

Iklan

Pertanyaan

Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan yang sejajar dengan jalur koridor 1 busway (Blok M-Kota). Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor. Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam agar tidakmenimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru. Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan tersebut adalah ...

Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan yang sejajar dengan jalur koridor 1 busway (Blok M-Kota).

Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam agar tidak menimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru.

 

Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan tersebut adalah ...

  1. pemerintah pusat

  2. pemprov DKI

  3. pejalan kaki

  4. pengendara motor

  5. pengguna busway

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pihak yang ingin dituju penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah (B) Pemprov DKI Jakarta. Hal ini diketahui dari kalimat pertama Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberikan layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Hal tersebut menandakan bahwa penulis dalam teks berpihak pada pemprovDKI.

Pihak yang ingin dituju penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah (B) Pemprov DKI Jakarta. Hal ini diketahui dari kalimat pertama Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberikan layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Hal tersebut menandakan bahwa penulis dalam teks berpihak pada pemprov DKI.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Disebut "jalur khusus" karena ia mempersyaratkan kemampuan finansial dalam jumlah tertentu selain proses seleksi akademis itu sendiri. Jalur ini berada di luar mekanisme pintu seleksi reguler melalui ...

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia