Iklan

Iklan

Pertanyaan

Disebut "jalur khusus" karena ia mempersyaratkan kemampuan finansial dalam jumlah tertentu selain proses seleksi akademis itu sendiri. Jalur ini berada di luar mekanisme pintu seleksi reguler melalui Seleksi Nasional mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Gejala komersialisasi di tubuh PTN diimperaktifkan oleh kecenderungan semakin besarnya kuota penerimaan calon mahasiswa baru dari "jalur khusus" (Setiap PTN mempunyai nomenklatur masing-masing untuk jalur seleksi mandiri) ini dibandingkan kuota untuk SNMPTN. Dengan memberlakukan Biaya Operasional PTN, lembaga pendidikan tinggi (khusus PTN) diharap mengembalikan hakikatnya. Lembaga pendidikan sudah semestinya tidak membeda-bedakan apapun, apalagi kemampuan materi. Lembaga pendidikan justru sudah seharusnya berada di barisan terdepan menentang segenap kebijakan dan perlakuan diskriminatif. Dalam hal ini negaralah yang mesti menjamin akses semua warga negara terhadap pendidikan, lewat pembiayaan pendidikan berbasis anggaran negara. Penulis dalam kutipan tersebut berpihak kepada ...

Disebut "jalur khusus" karena ia mempersyaratkan kemampuan finansial dalam jumlah tertentu selain proses seleksi akademis itu sendiri. Jalur ini berada di luar mekanisme pintu seleksi reguler melalui Seleksi Nasional mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Gejala komersialisasi di tubuh PTN diimperaktifkan oleh kecenderungan semakin besarnya kuota penerimaan calon mahasiswa baru dari "jalur khusus" (Setiap PTN mempunyai nomenklatur masing-masing untuk jalur seleksi mandiri) ini dibandingkan kuota untuk SNMPTN.

Dengan memberlakukan Biaya Operasional PTN, lembaga pendidikan tinggi (khusus PTN) diharap mengembalikan hakikatnya. Lembaga pendidikan sudah semestinya tidak membeda-bedakan apapun, apalagi kemampuan materi. Lembaga pendidikan justru sudah seharusnya berada di barisan terdepan menentang segenap kebijakan dan perlakuan diskriminatif. Dalam hal ini negaralah yang mesti menjamin akses semua warga negara terhadap pendidikan, lewat pembiayaan pendidikan berbasis anggaran negara.

 

Penulis dalam kutipan tersebut berpihak kepada ...

  1. pemerintah

  2. perguruan tinggi

  3. calon mahasiswa

  4. lembaga pendidikan

  5. warga negara

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah (C).

jawaban yang tepat adalah (C).

Iklan

Pembahasan

Pihak yang ingin dituju penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah (C) Calon mahasiswa. Di dalam teks tersebut, penulis sejak awal ingin memaparkan adanya penerimaan jalur khusus di PTN yang disinyalir menyebabkan adanya perbedaan perlakuan mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dengan jalur khusus tersebut. oleh karena itu, penulis menentang keras adanya perbedaan (diskriminasi) perlakuan ini. Ia berharap mahasiswa yang diterima baik dari jalur SNMPTN maupun jalur khusus mendapat perlakuan yang sama baiknya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah (C).

Pihak yang ingin dituju penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah (C) Calon mahasiswa. Di dalam teks tersebut, penulis sejak awal ingin memaparkan adanya penerimaan jalur khusus di PTN yang disinyalir menyebabkan adanya perbedaan perlakuan mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dengan jalur khusus tersebut. oleh karena itu, penulis menentang keras adanya perbedaan (diskriminasi) perlakuan  ini. Ia berharap mahasiswa yang diterima baik dari jalur SNMPTN maupun jalur khusus mendapat perlakuan yang sama baiknya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah (C).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

33

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah dukungan yang disampaikan melalui teks editorial tersebut?

12

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia