Iklan

Iklan

Pertanyaan

Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus di lakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan yang sejajar dengan jalur koridor 1 busway (Blok M-Kota). Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor. Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam agar tidak menimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru. Opini penulis tajuk rencana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...

Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus di lakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan yang sejajar dengan jalur koridor 1 busway (Blok M-Kota).

Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam  agar tidak  menimbulkan  ekses-ekses yang justru dapat membuka  persoalan baru.

 

Opini penulis tajuk rencana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...

  1. Usaha pemprov DKI untuk mengurai kemacetan lalu lintas harus terus dilakukan.

  2. Pemprov DKI harus mengeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua di jalan-jalan utama.

  3. Uji coba pembatasan kendaraan roda dua dilakukan di jalur koridor 1 busway.

  4. Pembatasan sepeda motor diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor.

  5. Berbagai kebijakan yang diterapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam.

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Opini adalah pendapat, yaitu merupakan pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu. Opini dalamteks tersebut adalah (D) Pembatasan sepeda motor diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor. Hal ini disebut fakta karena terdapat kata diharapkan yang maknanya subjektif, tidak terukur, dan hanya berdasarkan perasaan, perkiraan, dan kemungkinan.

Opini adalah pendapat, yaitu merupakan pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu. Opini dalam teks tersebut adalah (D) Pembatasan sepeda motor diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor. Hal ini disebut fakta karena terdapat kata diharapkan yang maknanya subjektif, tidak terukur, dan hanya berdasarkan perasaan, perkiraan, dan kemungkinan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

22

Celine Paramita Chandra

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks 1 Rio Ingin Jadi Pembalap Utama Beredarnya rumor tim balap Formula 1 Manor Racing akan menggunakan tiga pembalap pada musim balap pada tahun ini ditepis manajer Rio Haryanto, Piers Hunn...

84

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia