RoboguruRoboguru
SD

Urutkan dari senyawa yang mempunyai titik didih tertinggi sampai terendah dari H2​O, HBr, CH4​, dan HI! Berikan alasannya!

Pertanyaan

Urutkan dari senyawa yang mempunyai titik didih tertinggi sampai terendah dari H subscript 2 O, H Br, C H subscript 4, dan H I! Berikan alasannya!

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

besar kecilnya titik didih selain dipengaruhi oleh gaya antarmolekul juga dipengaruhi oleh massa molekul relatif, senyawa yang mempunyai titik didih tertinggi sampai terendah adalah: H subscript 2 O>H I>H Br>C H subscript 4.

Pembahasan

Titik didih merupakan suhu dimana tekanan uap suatu zat cair sama dengan tekanan di sekitarnya. Besar kecilnya titik didih suatu zat dipengaruhi oleh gaya antar molekul. Jika gaya antar molekul yang dimiliki suatu senyawa semakin kuat maka ikatan antar atomnya semakin sulit untuk diputuskan sehingga membutuhkan suhu yang lebih tinggi untuk memutuskan ikatannnya. Titik didih juga dipengaruhi oleh massa molekul relatif di mana semakin besar Mr suatu senyawa maka titik didihnya semakin tinnggi. Ini dikarenakan adanya proses pemisahan antar molekul sehingga perubahan wujud zat dari cair menjadi gas membutuhkan energi yang besar.

  • Gaya antar molekul pada H subscript 2 O yaitu ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen tersebut terbentuk karena atom H pada H subscript 2 O berinteraksi dengan atom O pada H subscript 2 O lainnya.
  • Gaya antar molekul pada HBr dan HI  yaitu gaya dipol-dipol. Ini dikarenan kedua senyawa termasuk dalam senyawa kovalen polar.
  • Gaya antar molekul pada C H subscript 4 yaitu gaya London. Ini dikarenakan senyawa tersebut termasuk dalam senyawa kovalen non polar.

Urutan senyawa yang memiliki titik didih tertinggi hingga terendah adalah H subscript 2 O>H I>H Br>C H subscript 4.

H subscript 2 O memiliki titih didih yang paling tinggi dikarenakan interaksi antar molekul yang ada pada H subscript 2 O lebih kuat dibandingkan interaksi antar molekul yang lain. Titik didih pada HI lebih besar dibandingkan HBr meskipun memiliki gaya antar molekul yang sama karena HI memiliki Mr yang lebih besar daripada HBr. Pada C H subscript 4 memiliki titih didih yang paling rendah karena interaksi antar molekulnya sangat lemah sehingga mudah untuk diputuskan ikatan antar atomnya.

Jadi, besar kecilnya titik didih selain dipengaruhi oleh gaya antarmolekul juga dipengaruhi oleh massa molekul relatif, senyawa yang mempunyai titik didih tertinggi sampai terendah adalah: H subscript 2 O>H I>H Br>C H subscript 4.

348

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Silikon (Si) dan karbon (C) adalah anggota golongan IVA. Jika keduanya berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan SiH4​dan CH4​. Titik didih  lebih tinggi dibanding titik didih CH4​. Mengapa demikian...

54

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia