Roboguru

Urutan tahapan kerja Sistem Informasi Geografis yang tepat adalah....

Pertanyaan

Urutan tahapan kerja Sistem Informasi Geografis yang tepat adalah....

  1. Peta dasar - digitasi - informasi geospasial wilayah demam berdarah - overlay - manajemen penanganan kejadian luar biasa 

  2. Peta dasar - overlay - digitasi - informasi geospasial wilayah demam berdarah - manajemen penanganan kejadian luar biasa

  3. Peta dasar - informasi geospasial wilayah demam berdarah - overlay - digitasi - manajemen penanganan kejadian luar biasa

  4. Peta dasar - manajemen penanganan kejadian luar biasa - overlay - digitasi - informasi geospasial wilayah demam berdarah

  5. Informasi geospasial wilayah demam berdarah - overlay - peta dasar - digitasi - manajemen penanganan kejadian luar biasa

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tahap pertama adalah memasukkan data. Pemasukkan data pada peta dasar kemudian didigitasi. Tahap kedua yaitu pengolahan data sehingga mengahsilkan peta dasar atau peta tematik. Tahap ketiga yaitu analisis data dengan teknik overlay. Tahap keempat yaitu keluaran atau hasil berupa manajemen penanganan kejadian luar biasa. Oleh karena itu, tahapan yang sesuai yaitu peta dasar - digitasi - informasi geospasial wilayah demam berdarah - overlay - manajemen penanganan kejadian luar biasa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Data keruangan pada peta persebaran barang tambang, peta penggunaan lahan, dan peta administrasi dapat diolah secara bersamaan melalui SIG. Identifikasilah informasi baru yang diperoleh berdasarkan pe...

Pembahasan Soal:

Manfaat SIG untuk bidang pertambangan adalah: memetakan lokasi pertambangan, memetakan lokasi dampak pertambangan, memetakan lokasi yang memiliki potensi untuk pertambangan tertentu. Data keruangan pada peta persebaran barang tambang, penggunaan lahan dan peta administrasi dapat diolah bersamaan melalui SIG. Informasi baru yang diperoleh berdasarkan peta-peta tersebut adalah Peta Potensi Wilayah Pertambangan. Peta Wilayah Pertambangan dapat dieroleh dari hasil overlay antara peta persebaran barang tambang, penggunaan lahan dan peta administrasi.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan bagan berikut!   Fungsi SIG sesuai bagan di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan data bagan tersebut, diperoleh informasi mengenai data fisiografis, data iklim dan data penggunaan lahan di mana hasil analisis datanya menghasilkan kajian serangan hama penyakit tanaman. Data bagan tersebut berfungsi untuk menganalisis SIG dalam bidang pertanian dan kehutanan dikarenakan berkaitan dengan informasi hasil analis datanya mengenai serangan hama tanaman. Dengan ada data tersebut dapat mengurangi potensi kerugian di sektor pertanian.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Analisis SIG yang mampu menghasilkan sebuah penyangga yang bisa berbentuk lingkaran atau poligon yang melingkupi suatu objek sebagai pusatnya sehingga kita bisa mengetahui berapa parameter objek dan l...

Pembahasan Soal:

Analisis spasial merupakan kumpulan teknis analisis yang digunakan untuk pengolahan data Sistem informasi Geografis (SIG). Analisis spasial memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  1. Klasifikasi (reclassify), yaitu fungsionalitas atau analisis untuk mengelompokkan kembali data spasial lama menjadi data spasial baru berdasarkan kriteria tertentu.
  2. Jaringan (networking), yaitu fungsionalitas atau analisis data spasial pada jaringan yang terdiir dari garis-garis dan titik-titik yang saling terhubung.
  3. Tumpang tindih (overlay), yaitu fungsionalitas yang menghasilkan layer data spasial baru hasil dari kombinasi minimal dua atau lebih data spasial.
  4. Buffering, yaitu fungsionalitas atau analisis yang menghasilkan buffer/penyangga berbentuk lingkaran atau poligon pada layer data spasial baru yang meluputi suatu objek sebagai pusatnya, sehingga dapat mengetahui jarak parameter objek dan luas wilayahnya.
  5. Tiga dimensi, yaitu fungsionalitas atau analisis untuk mempermudah pemahaman visualisasi dalam bentuk tiga dimensi.

Dari penjelasan tersebut, jawaban untuk pertanyaan soal di atas adalah buffering.space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Jika kita akan membuat peta arahan pemanfaatan lahan data yang diperlukan sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Perencanaan pemanfaatan lahan perlu mempertimbangkan beberapa hal. Lahan yang akan dimanfaatkan tentunya perlu memperhatikan kondisi topografi, kelerengan, dan jenis tanah yang ada di suatu wilayah. Selain itu, pemanfaatan lahan juga perlu memperhatikan apakah wilayah tersebut rawan terhadap bencana atau tidak. Oleh sebab itu, pilihan jawaban D (peta jenis vegetasi) kurang diperlukan dalam pembuaan peta arahan pemanfaatan lahan.

0

Roboguru

Bagaimana peran analisis data dalam SIG

Pembahasan Soal:

Analisis data dalam SIG adalah bagaimana mengumpulkan data, memasukan dan mengeluarkan data serta bagaimana menggunakan data tersebut. Peran analisis data Sistem Informasi Geografi (SIG) yaitu :

  1. Klasifikasi (reclassify), yaitu mengklasifikasikan kembali suatu data hingga pada menjadi data spasial yang baru
  2. Jaringan atau Network, yaitu sebuah fungsionalitas yang merujuk pada data-data spasial titik- titik ataupun garis – garis sebagai jaringan yang tidak terpisahkan.
  3. Overlay, menghasilkan layer data spasial baru, di mana layer tersebut adalah hasil kombinasi atau penggabungan dari minimal dua layer yang menjadi masukkannya.
  4. Buffering, menghasilkan layer spasial baru dengan bentuk poligon serta memiliki jarak tertentu dari unsur – unsur spasial yang menjadi masukkannya.
  5. 3D Analysis, fungsi ini terdiri atas sub-sub fungsi yang berkaitan dengan data spasial yang terdapat di dalam ruang 3 dimensi atau permukaan digital.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved