Pertanyaan

Uraikan pemicu utama konflik antar negara pada masa lalu!

Uraikan pemicu utama konflik antar negara pada masa lalu! 

  1. ... undefined

  2. ... undefined

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun Poerwadarminta, konflik memiliki arti pertentangan atau percekcokan. Pertentangan muncul ke dalam bentuk pertentangan ide maupun fisik antara dua belah pihak yangberseberangan. Konflik disebabkan oleh beberapa faktor(Soerjono Soekanto, 2006: 91-92), antara lain: Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan melahirkan bentrokan antar individu, terutama perbedaan pendirian dan perasaan. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian seseorang, yang kemudian akan mempengaruhi kepribadian. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi maupun politik Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun Poerwadarminta, konflik memiliki arti pertentangan atau percekcokan. Pertentangan muncul ke dalam bentuk pertentangan ide maupun fisik antara dua belah pihak yang berseberangan. Konflik disebabkan oleh beberapa faktor (Soerjono Soekanto, 2006: 91-92), antara lain:

  1. Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian dan perasaan  melahirkan bentrokan antar individu, terutama perbedaan pendirian dan perasaan. 
  2. Perbedaan kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian seseorang, yang kemudian akan mempengaruhi kepribadian. 
  3. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi maupun politik
  4. Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang dapat menyebabkan munculnya golongan-golongan yang berbeda pendiriannya. undefined

396

3.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan faktor pendorong konflik sosial!

692

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia