Roboguru

Pertanyaan

Mengapa konflik dapat terjadi? space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan dalam masyarakat seperti perbedaan individu, perbedaan kepentingan, perbedaan budaya, dan perubahan sosial dapat menimbulkan munculnya konflik sosial dalam masyarakat. space 

Pembahasan

Jawaban yang tepat berdasarkan pertanyaan di atas adalah perbedaan individu, perbedaan kepentingan, perbedaan budaya, dan perubahan sosial dapat menimbulkan munculnya konflik sosial dalam masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.

Soal di atas berkaitan dengan konflik dan kekerasan dengan poin yang ditanyakan adalah faktor penyebab konflik.

Konflik sosial merupakan proses sosial ketika individu atau kelompok dalam mencapai tujuannya menggunakan cara dengan menentang pihak lawan disertai ancaman dan kekerasan.  Dalam konflik akan mnegakibatkan banyak dampak-dampak dalam kehidupan masyarakat salah satunya adalah mempengaruhi terjadinya disintegrasi masyarakat. Hal ini karena konflik dapat terjadi di masyarakat disebabkan karena beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Perbedaan antarindividu, setiap individu memiliki perbedaan pendirian, perasaan, dan pemikrian yang dapat menyebabkan terjadinya konflik antara orang perorangan.
  2. Perbedaan kepentingan, setiap individu maupu kelompok memiliki kepentingan yang berbeda. perbedaan kepentingan ekonomii, politik dan lain sebagainya
  3. Perbedaan kebudayaan, kepribadian seseorang dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakatnya sehingga secara sadar maupun tidak , hal tersebut banyak memengaruhi pola pikir dan pendiriannya sehingga dapat menyebabkan pertentangan antarkelompok dalam masyarakat.
  4. Perubahan sosial, perubahan sosial yang cepat dan mengubah nilai-nilai dalam masyarakat menimbulkan konflik antara golongan yang berbeda pendapat mengenai pembentukan kembali sistem nilai yang akan dipakai selanjutnya. Contoh: konflik golongan muda yang lebih cepat menerima perubahan dan golongan tua dalam masyarakat yang cenderung mempertahankan nilai-nilai lama.

Jadi perbedaan dalam masyarakat seperti perbedaan individu, perbedaan kepentingan, perbedaan budaya, dan perubahan sosial dapat menimbulkan munculnya konflik sosial dalam masyarakat. space 

16

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini tidak termasuk penyebab konflik adalah ....

44

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia