Roboguru

Upaya perluasan wilayah oleh Jepang didasari dua kepentingan, yaitu...

Pertanyaan

Upaya perluasan wilayah oleh Jepang didasari dua kepentingan, yaitu...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Latar belakang pendudukan Jepang di Indonesia didasari oleh dua kepentingan. Sejak awal, Jepang berusaha menguasai Indonesia sejak pecahnya Perang Dunia II. Alasannya, angkatan perang Jepang membutuhkan minyak bumi dan bahan mentah lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan angkatan perangnya. Selain itu, kebutuhan sumber daya manusia juga diperlukan untuk menambah pasukan perang melawan sekutu.

Dengan demikian, jawabannya adalah sumber daya manusia serta kebutuhan minyak bumi dan bahan mentah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan bahwa pendudukan Jepang di Indonesia bermuka dua!

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa setelah pengeboman di Pearl Harbour pada tahun 1941, Jepang mulai mengekspansi wilayah-wilayah di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia. Tujuan Jepang datang ke Indonesia adalah untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industry, seperti minyak bumi, timah dan alumunium. Pada tahun 1942, Jepang mulai memasuki Indonesia melalui daerah Ambon yang kemudian dengan cepat menguasai seluruh wilayah Indonesia. Jepang datang dengan melakukan propaganda-propaganda agar rakyat Indonesia dapat bersimpati dan mendukung Jepang. Hasilnya, kedatangan Jepang ke Indonesia menarik simpati masyarakat Indonesia. Jepang dijuluki sebagai saudara tua yang dipandang dapat membebaskan  bangsa Indonesia dari cenkgraman Belanda. Lagu Indonesia Raya diperdengarkan di radio-radio. Bendera merah putih dikibarkan disamping bendera Jepang Hinomaru. Selain itu, Jepang mempropagandakan bahwa kedatangannya ke Indonesia untuk membebaskan rakyat dari cengkraman penjajahan bangsa Barat. Melalui program Pan-Asia, jepang juga akan membantu memajukan rakyat Indonesia. Akan tetapi, pendudukan Jepang di Indonesia ini bermuka dua (tidak jujur/tidak konsisten/mencari keuntungan dari apa yang dilakukannya).

Pada praktik dilapangan, rakyat Indonesia dikerahkan untuk menopang kegiatan perang Jepang, karena diberlakukannya ekonomi perang. Rakyat Indonesia ditindas dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan penguasa Jepang pada saat itu, contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Kehidupan petani semakin merosot, hal ini dikarenakan hasil panen mereka harus dijual kepada jepang dengan harga yang sudah ditentukan ditambah dengan proses-prosesnya yang memakanwaktu dan tenaga.
  2. Kegiatan pendidikan dibatasi, yang kemudian jumlah sekolah menurun drastis.
  3. Pengerahan Romusa (pekerja paksa) untuk seluruh kegiatan perang Jepang dalam perang Asia Timur Raya yang menyebabkan banyaknya korban berjatuhan akibat pekerjaannya yang tidak manusiawi.

Dengan demikian, pendudukan Jepang di Indonesia bermuka dua dikarenakan di awal kedatangannya Jepang menjanjikan hal-hal yang menguntungkan bagi rakyat Indonesia, akan tetapi dalam praktiknya berlaku sebaliknya, rakyat Indonesia ditindas dan dijadikan pekerja untuk menopang perang Asia Timur Raya.

0

Roboguru

Selama menduduki Indonesia, Jepang membentuk beberapa organisasi kemasyarakatan seperti Gerakan Tiga A, Putera, dan Jawa Hokokai. Akan tetapi, dalam perkembangannya organisasi-organisasi tersebut dibu...

Pembahasan Soal:

Alasan jepang membubarkan seluruh organisasi pergerakan kemerdekaan (kecuali MIAI) karena demi mendukung gerakan fasisme jepang itu sendiri. Sedangakan pergerakan yang timbul sebelumnya dianggap terpengaruh oleh paradigma pergerakan yang bersifat barat (eropa). Sedangkan Majelis Islam A'laa Indonesia (MIAI) yang diagas oleh KH. Mas Mansyur adalah organisasi yang gerakannya anti Barat. Oganisasi ini berdiri pada masa penjajahan yakni pada 1937 di Surabaya. Karena sedari awal organisasi ini sering menentang kebijakan Belanda yang Eropa sentris maka organisasi ini dibiarkan eksistensinya. Meski demikian gerakan ini tetap dibatasi ruang geraknya oleh pemerintah Jepang. 

Dengan demikian organisasi-organisasi pergerakan kemerdekaan bertentangan dengan visi jepang yang ingin membentuk kesatuan Asia Raya atau non/anti Barat.space space 

0

Roboguru

Salah satu isi Perjanjian Shimonoseki antara Jepang dan Tiongkok adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1894, terjadi perang antara Jepang dan Tiongkok. Perang yang berlangsung hingga tahun 1895 ini dimenangkan oleh Jepang. Perang tersebut berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Shimonoseki, yang menyebutkan kalau wilayah Liaodong dan Taiwan diserahkan kepada Jepang. Namun, karena berpendapat kalau perjanjian Shimonoseki ini tidak sah, Uni Soviet lalu mendirikan Benteng Port Arthur di wilayah Liaodong sehingga memicu perang antara Jepang dan Uni Soviet. Dalam perang yang berlangsung dari tahun 1904 hingga 1905 tersebut, Jepang berhasil memperoleh kemenangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Salah satu faktor pendorong Jepang melakukan imperialisme ke negara-negara di Asia adalah …

Pembahasan Soal:

Munculnya Jepang menjadi negara imperialisme pada awalnya di latar belakangi dari proses restorasi yang terjadi di jepang, hal itu kemudian menbawa kemajuan yang cukup pesat bagi jepang dalam berbagai sektor, misalnya dalam bidang industri dan perdagangan. Jepang berhasil menjadi negara maju, modern dan sejajar dengan negara-negara baratnya lainnya, hal tersebut kemudian menimbulkan keinginan dan ambisi untuk melakukan imperialisme terhadap negara-negara lain. Dengan demikian jawaban yang benar adalah E.space space  

0

Roboguru

Setelah menyerang pangkalan laut Amerika di Pearl Harbour. Jepang meluaskan serangan ke wilayah Pasifik termasuk Indonesia. Jepang mulai mendarat di Indonesia pada tanggal?

Pembahasan Soal:

Setelah melumpuhkan Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda) pada tanggal 11 Januari 1942, tentara Jepang Right Wing Unit dan pasukan Angkatan Laut Kure yang berjumlah 20.000 mendarat di pantai timur wilayah Tarakan, Kalimantan Timur. Terjadilah pertempuran dengan Belanda yang sebelumnya memang sudah menduduki wilayah ini. Dalam pertempuran ini, Belanda berusaha bertahan dengan 1.300 serdadu Batalion VII Koninklijk Nederansch Indisch Leger (KNIL) dengan beberapa kapal perang ringan, pesawat tempur, dan bomber.
Akhirnya, pasukan KNIL menyerah pada tanggal 12 Januari 1942. Lebih dari setengah pasukan Belanda gugur dalam pertempuran ini. Dengan demikian, Tarakan merupakan wilayah pertama yang jatuh ke tangan Jepang. Kemudian, Jepang pun mulai menguasai wilayah Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin dan Palembang.
Setelah daerah luar Jawa dikuasai, Jepang kemudian memusatkan penyerangannya di Pulau Jawa karena Pulau Jawa merupakan pusat dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pada bulan Februari-Maret 1942, Jepang melakukan serangan laut besar-besaran ke Pulau Jawa. Lalu, tanggal 1 Maret 1942 Jepang berhasil mendarat di tiga tempat sekaligus yaitu di Teluk Banten, Eretan Wetan (Jawa Barat), dan Kragan (Jawa Tengah). Pertempuran Laut Jawa pun terjadi antara armada laut Jepang dan armada gabungan yang dipimpin oleh Laksamana Karel Doorman. Akhirnya, tanggal 5 Maret 1942 Batavia pun jatuh ke tangan Jepang.

Dengan demikian, setelah menyerang pangkalan laut Amerika di Pearl Harbour, Jepang meluaskan serangan ke wilayah Pasifik termasuk Indonesia yang dimulai pada 11 Januari 1942 berhasil mendarat di pantai timur Tarakan, Kalimantan Timur.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved