Roboguru

Untuk setiap pasangan ikatan kovalen berikut, manakah yang lebih polar? Gunakan tanda muatan parsial  untuk menunjukkan arah kepolaran ikatan. a. C-O dan C-N   b. B-O dan P-S c. P-H dan P-N d. B-H dan B-I

Pertanyaan

Untuk setiap pasangan ikatan kovalen berikut, manakah yang lebih polar? Gunakan tanda muatan parsial delta bond dan space delta plus untuk menunjukkan arah kepolaran ikatan.
a. C-O dan C-N  
b. B-O dan P-S
c. P-H dan P-N
d. B-H dan B-I

Pembahasan Soal:

a. Atom C membentuk ikatan dengan atom O dan N.Semakin besar selisih EN, maka semakin polar ikatan kovalennya. Keelektronegatifan O > N. Oleh karena itu left parenthesis delta plus right parenthesis space C bond O space left parenthesis delta minus sign right parenthesis lebih polar dibanding C-N.

b. Selisih EN pada ikatan B-O lebih besar dibanding ikatan P-S. Hal ini dapat diprediksi berdasarkan letaknya dalam tabel periodik unsur B terletak pada golongan IIIA dan O terletak pada golongan VIA, keduanya terpisahkan oleh dua golongan (IVA dan VA). Sedangkan unsur P terletak pada golongan VA dan S terletak pada golongan VIA, sangat berdekatan. Ikatan left parenthesis delta plus right parenthesis space B bond O space left parenthesis delta minus sign right parenthesis.

c. Atom P membentuk ikatan kovalen dengan atom H dan N. Keelektronegatifan N > H, Oleh karena itu selisih EN dalam ikatan left parenthesis delta plus right parenthesis space P bond N space left parenthesis delta minus sign right parenthesis lebih besar dibandingkan dengan ikatan P-H.

d. Atom B membentuk ikatan kovalen dengan atom H dan I. Keelektronegatifan I > H. Oleh sebab itu selisih EN dalam ikatan left parenthesis delta plus right parenthesis space B bond I space left parenthesis delta minus sign right parenthesis lebih besar dibandingkan dengan ikatan B-H.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved