Roboguru

Untuk menunjukkan dataran tinggi pada peta biasanya dilambangkan dengan warna….

Pertanyaan

Untuk menunjukkan dataran tinggi pada peta biasanya dilambangkan dengan warna….

  1. hijau muda

  2. kuning tua

  3. kuning

  4. cokelat

  5. hijau tua

Pembahasan Soal:

Simbol warna pada peta digunakan untuk mewakili kenampakan permukaan bumi, fungsinya supaya peta terlihat lebih menarik dan mudah untuk dibaca. Dalam peta, ada tujuh warna yang sering digunakan. Warna ini tidak hanya untuk menarik perhatian pembaca, tetapi juga untuk menggambarkan hal lainnya. Misalnya dari segi ketinggian dataran atau kedalaman laut, dan lain-lain. Simbol tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Warna cokelat ; digunakan untuk menggambarkan daerah pegunungan. Warna cokelat tua untuk daerah pegunungan yang tinggi dan cokelat muda untuk daerah pegunungan yang rendah.
  2. Warna biru ; digunakan untuk menggambarkan daerah perairan, seperti selat, danau, laut, sungai, dan lain-lain. Warna biru muda digunakan untuk menggambarkan perairan dangkal dan biru tua untuk daerah perairan dalam.
  3. Warna hijau ; digunakan untuk menggambarkan dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 200 meter. Warna ini juga sering digunakan untuk melambangkan vegetasi atau tumbuhan, seperti perkebunan, sawah, dan lain-lain.
  4. Warna kuning ; digunakan untuk menggambarkan daerah dengan ketinggian 500 meter hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Contohnya dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan rendah.
  5. Warna merah ; digunakan untuk menggambarkan area atau daerah yang masih aktif, seperti jalan raya, gunung, ibu kota, dan lain-lain. Contohnya ibu kota yang aktif digambarkan denga simbol titik berwarna merah.
  6. Warna hitam ; digunakan untuk menggambarkan batas kota dan administrasi. Biasanya untuk kota menggunakan simbol titik berwarna hitam dan batas administrasi menggunakan simbol garis hitam.
  7. Warna putih ; digunakan untuk menggambarkan daerah yang bersalju. Contohnya puncak gunung bersalju, dan lain-lain. Warna ini jarang digunakan dalam peta Indonesia, karena tidak memiliki musim salju.
     

Jadi, jawaban yang benar adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved