Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk menanggulangi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bagi kelompok masyarakat miskin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan kebijakan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). SEBAB Pada tahun 2013, nama Bantuan Langsung Tunai diganti menjadi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Untuk menanggulangi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bagi kelompok masyarakat miskin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan kebijakan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

SEBAB

Pada tahun 2013, nama Bantuan Langsung Tunai diganti menjadi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  3. jika pernyataan benar dan alasan salah

  4. jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan ini benar karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memprioritaskan untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Pemerintah kemudian menerapkan program pengentasan kemiskinan dengan upaya pemerataan pembangunan dan pengurangan kesenjangan. Selain itu, kenaikan harga BBM juga berdampak pada kenaikan harga barang-barang pokok, sehingga menyebabkan turunnya daya beli sebagian masyarakat. Untuk itu pemerintah kemudian menerapkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan kepada rumah tangga miskin. Alasan ini benar karena sebelumnya pada tahun 2006 pemerintah pernah memberikan BLT kepada rumah tangga miskin. Program ini diterapkan untuk mengentas kemiskinan dan pengurangan kesenjangan. Ketika pemerintah kembali menaikkan harga BBM tahun 2013, pemerintah kembali memberlakukan kebijakan serupa yang disebut Bantuan Langsung Tunai Sementara (BLSM). Pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

Pernyataan ini benar karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memprioritaskan untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Pemerintah kemudian menerapkan program pengentasan kemiskinan dengan upaya pemerataan pembangunan dan pengurangan kesenjangan. Selain itu, kenaikan harga BBM juga berdampak pada kenaikan harga barang-barang pokok, sehingga menyebabkan turunnya daya beli sebagian masyarakat. Untuk itu pemerintah kemudian menerapkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan kepada rumah tangga miskin.   
Alasan ini benar karena sebelumnya pada tahun 2006 pemerintah pernah memberikan BLT kepada rumah tangga miskin.  Program ini diterapkan untuk mengentas kemiskinan dan pengurangan kesenjangan. Ketika pemerintah kembali menaikkan harga BBM tahun 2013, pemerintah kembali memberlakukan kebijakan serupa yang disebut Bantuan Langsung Tunai Sementara (BLSM).

Pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

Masa Orde Baru

Masa Reformasi

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

863

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Reformasi ditandai dengan ... Terjadinya proses desakralisasi terhadap kekuasaan Reinterpretasi terhadap sejarah Adanya redefinisi terhadap hak dan kewajiban rakyat Melemahnya pemerinta...

12rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia