RoboguruRoboguru
SD

Unsur pembangun puisi terdiri atas unsur fisik dan unsur batin puisi. Sebutkanlah hal-hal yang harus diperhatikan dalam unsur fisik puisi!

Pertanyaan

Unsur pembangun puisi terdiri atas unsur fisik dan unsur batin puisi. Sebutkanlah hal-hal yang harus diperhatikan dalam unsur fisik puisi!undefined  

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam unsur fisik puisi, sebagai berikut:

  1. Diksi. Diksi merupakan kata-kata yang dipilih atau digunakan oleh penyair. Diksi atau pilihan kata mempunyai peranan penting dan utama guna capaian akhir dari sebuah karya sastra, terutama puisi. Untuk memperoleh keefektifan capaian akhir tersebut, tentunya seorang penulis harus memahami betul masalah kata dan maknanya, harus mengetahui perluasan serta pengaktifan kosakata, harus mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan situasi yang dihadapi, dan juga harus mumpuni dalam mengenal jenis gaya bahasa sesuai dengan tujuan penulisan. 
  2. Imaji. lmaji yaitu susunan kata yang dapat menimbulkan efek imaji bagi pembaca sehingga pembaca dapat merasakan, melihat, atau mendengar sesuatu yang diungkapkan oleh penyair. 
  3. Kata Konkret. Kata konkret yaitu penggunaan katakata yang bermakna denotasi. 
  4. Gaya Bahasa. Gaya bahasa adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam . bahasa tertentu untuk memperoleh efek-efek yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.Gaya bahasa merupakan cara penyair dalam mengungkapkan pemikirannya melalui bahasa-bahasa yang khas dan bermakna kiasan. Kiasan yang dapat.digunakan di antarimya personifikasi, metafora, hiperbola, ironi, dan litotes.
  5. Rima. Rima yaitu pengulangan bunyi pada puisi. Jenis-jenis rima di antaranya rima sempurna, rima tak sempurna, rima aliterasi, dari rima asonansi.
  6. Tipografi. Tipografi yaitu tatanan bentuk puisi, seperti tatanan larik, kalimat, frasa, dan kata sehingga dapat mengnasilkan suatu pola. Bentuk inilah yang kemudian membedakan antara puisi, prosa, dan drama. 

Dengan demikian, Struktur fisik puisi terdiri dari diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima, dan tipografi. space 

 

108

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berdesik-desik daun buluh Dibuai angin dengan sayang Ayam berkokok sayap suara Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan ....

107

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia