Iklan

Iklan

Pertanyaan

Novel ini sangat cocok dibaca oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan.undefined
 

Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah...

Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah...

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah kalimat saran.

unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah kalimat saran.undefined

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Unsur kebahasaan teks tanggapan terdiri dari: Konjungsi antarkalimat, yakni konjungsi atau kata sambung yang menghubungkan antara kalimat satu dengan kalimat lain. Kata-kata yang digunakan diantaranya biarpun demikian, sesudah itu, sebaliknya, namun, dan akan tetapi. Konjungsi intrakalimat, yakni konjungsi atau kata sambung yang menghubungkan satuan-satuan kata dengan kata, klausa dengan klausa, dan frasa dengan frasa. Kata-kata yang digunakan diantaranya dan, tetapi, atau, melainkan. Kalimat saran, yakni kalimat yang berupa usulan, anjuran ataupun solusi terhadap suatu hal baik itu bisa berupa permasalahan, situasi yang sedang membutuhkan pendapat ataupun masukan dalam melakukan suatu hal. Kata-kata yang digunakan saat memberi saran, diantaranya sebaiknya, seharusnya, saya sarankan. Kalimat rujukan, yakni sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk mendukung atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Kalimat deskriptif, yakni kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk atau suasana tertentu seperti orang, benda, dan tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya. Pada kalimat "Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan" , unsur kebahasaan yang digunakan pada kalimat tersebut yaitu kata " sebaiknya ", yang mana kata tersebut merupakan salah satu kata yang digunakan kalimat saran. Dengan demikian, unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah kalimat saran.

Unsur kebahasaan teks tanggapan terdiri dari:

  1. Konjungsi antarkalimat, yakni konjungsi atau kata sambung yang menghubungkan antara kalimat satu dengan kalimat lain. Kata-kata yang digunakan diantaranya biarpun demikian, sesudah itu, sebaliknya, namun, dan akan tetapi.
  2. Konjungsi intrakalimat, yakni konjungsi atau kata sambung yang menghubungkan satuan-satuan kata dengan kata, klausa dengan klausa, dan frasa dengan frasa. Kata-kata yang digunakan diantaranya dan, tetapi, atau, melainkan.
  3. Kalimat saran, yakni kalimat yang berupa usulan, anjuran ataupun solusi terhadap suatu hal baik itu bisa berupa permasalahan, situasi yang sedang membutuhkan pendapat ataupun masukan dalam melakukan suatu hal. Kata-kata yang digunakan saat memberi saran, diantaranya sebaiknya, seharusnya, saya sarankan.
  4. Kalimat rujukan, yakni sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk mendukung atau memperkuat pernyataan dengan tegas.
  5. Kalimat deskriptif, yakni kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk atau suasana tertentu seperti orang, benda, dan tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.

Pada kalimat "Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan", unsur kebahasaan yang digunakan pada kalimat tersebut yaitu kata "sebaiknya", yang mana kata tersebut merupakan salah satu kata yang digunakan kalimat saran.

Dengan demikian, unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah kalimat saran.undefined

Latihan Bab

Mengenal Teks Tanggapan

Kebahasaan Teks Tanggapan

Menganalisis Teks Tanggapan

Membuat Teks Tanggapan

961

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Saran yang sesuai dengan isi teks tanggapan tersebut adalah…

1rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia