Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jaringan light rail transit (LRT) rute Pulogadung—Kebayoran Lama menuai polemik. Jaringan tersebut dianggap sebagai contoh buruk koordinasi antara pemerintah daerah dan pusat. Jalur kereta ringan sepanjang 19,8 kilometer itu berpotensi mubazir karena berimpitan dengan rencana pembangunan jalur mass rapit transit (MRT) koridor timur—barat. Rancangan kedua jaringan transportasi massal berbasis rel itu bermasalah karena sama-sama bakal melintas Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tugu Tani, Jalan Kebon Sirih, dan Jalan K.S. Tubun.

Tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat. Pemerintah DKI Jakarta menganggarkan dana Rp12 triliun untuk membangun LRT rute Pulogadung—Kebayoran Lama. Sementara itu, proyek MRT koridor timur—barat sepanjang 87 kilometer membutuhkan anggaran sekitar Rp53 triliun. Daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda.

Disadur dari: https://kolom.tempo.co/read/1305618/hening, diunduh 11 Februari 2020space 

Tentukan kritik dan saran dalam paragraf kedua teks tanggapan tersebut!

Tentukan kritik dan saran dalam paragraf kedua teks tanggapan tersebut!space 

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada paragraf kedua teks tanggapan kritik penulis adalah tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat. Kemudian,saran penulis mengenai permasalahan tersebut adalah daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda.

pada paragraf kedua teks tanggapan kritik penulis adalah tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat. Kemudian, saran penulis mengenai permasalahan tersebut adalah daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda.space 

Iklan

Pembahasan

Teks tanggapan adalah jenis teks yang berisi pendapat berupa komentar, kritik, saran, atau penilaian terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, perbuatan, atau ucapan seseorang. Kritik dalam teks tanggapan berfungsiuntuk memberikan komentar mengenaimasalah yang dibahas. Kritik dapat berisi pendapat yang membangun maupunmenjatuhkan. Kritik yang membangun disertai dengan solusi, sedangkan kritik yang menjatuhkan berisi kecaman tanpa memberisolusi atas permasalahan. Kritik dalam paragraf kedua teks tanggapan di atas adalah kalimat pertama, yaitu Tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat . Kritik tersebut merupakan kritik yang membangun karena kemudian disertai solusi pada kalimat keempat. Saran dalam teks tanggapan berfungsiuntuk memberi solusi mengenaimasalah yang dibahas. Solusi yang diberikanmerupakan hasil analisis dari penyebab masalah terjadi. Solusi juga diperkuat dengan bukti dan alasan sehingga dapat diterapkan.Sarandalam paragraf kedua teks tanggapan di atas adalah kalimat keempat, yaitu Daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda . Dengan demikian, pada paragraf kedua teks tanggapan kritik penulis adalah tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat. Kemudian,saran penulis mengenai permasalahan tersebut adalah daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda.

Teks tanggapan adalah jenis teks yang berisi pendapat berupa komentar, kritik, saran, atau penilaian terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, perbuatan, atau ucapan seseorang.

Kritik dalam teks tanggapan berfungsi untuk memberikan komentar mengenai masalah yang dibahas. Kritik dapat berisi pendapat yang membangun maupun menjatuhkan. Kritik yang membangun disertai dengan solusi, sedangkan kritik yang menjatuhkan berisi kecaman tanpa memberi solusi atas permasalahan. Kritik dalam paragraf kedua teks tanggapan di atas adalah kalimat pertama, yaitu Tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat. Kritik tersebut merupakan kritik yang membangun karena kemudian disertai solusi pada kalimat keempat.

Saran dalam teks tanggapan berfungsi untuk memberi solusi mengenai masalah yang dibahas. Solusi yang diberikan merupakan hasil analisis dari penyebab masalah terjadi. Solusi juga diperkuat dengan bukti dan alasan sehingga dapat diterapkan. Saran dalam paragraf kedua teks tanggapan di atas adalah kalimat keempat, yaitu Daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda.


Dengan demikian, pada paragraf kedua teks tanggapan kritik penulis adalah tumpang-tindih rencana kedua moda transportasi massal itu berpotensi menghambur-hamburkan uang rakyat. Kemudian, saran penulis mengenai permasalahan tersebut adalah daripada dipakai untuk membangun moda transportasi massal di jalur yang sama, sebagian anggarannya lebih baik dialihkan untuk pembangunan jaringan transportasi umum di kawasan berbeda.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Tanggapan

Kebahasaan Teks Tanggapan

Menganalisis Teks Tanggapan

Membuat Teks Tanggapan

792

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang terdapat dalam teks tersebut termasuk ke dalam tanggapan berupa ....

690

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia