Roboguru
SD

Unsur intrinsik yang paling menonjol adalah ….

Pertanyaan

Teks berikut untuk soal nomor 14 dan 15.


“Walau apa katamu terhadapku, walau kaucaci maki aku, kaukutuki aku, aku terima. Tapi, untuk membiarkan Masri dan Arni hidup sebagai suami istri, padahal Tuhan telah melarangnya, o ... o... o .... itu telah melanggar prinsip hidup setiap orang yang percaya pada-Nya. Kau memang telah berbuat sesuatu yang benar sebagai ibu yang mau memelihara kebahagiaan anaknya. Tapi, ada lagi kebenaran yang lebih mutlak yang tak bisa ditawar-tawar lagi, yakni kebenaran yang dikatakan Tuhan dalam kitab-Nya. Prinsip hidup segala manusialah menjunjung kebenaran Tuhan” Kemarau, A.A. Navisspace 

Unsur intrinsik yang paling menonjol adalah ….space 

  1. penokohanspace 

  2. alurspace 

  3. settingspace 

  4. amanatspace 

  5. temaspace 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan

Novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur pembentuk intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur-unsur dalam atau merupakan unsur utama yang membangun utuhnya sebuah novel diantaranya yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, sudut pandang, gaya cerita, dan amanat. 

Unsur Intrinsik novel antara lain: 

  1. Tema. tema adalah makna yang dikandung oleh sebuah cerita.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh adalah pemeran dalam cerita. Penokohan merupakan karakter tiap pemeran. Penokohan dibagi menjadi tiga, yaitu protagonis, antagonis, dan tirtagonis. 
  3. Latar. latar adalah keterangan waktu, tempat, atau suasana sebuah cerita berlangsung. 
  4. Alur.  Alur adalah istilah sastra yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang membentuk sebuah cerita, atau bagian utama dari sebuah cerita. Peristiwa-peristiwa ini berhubungan satu sama lain dalam suatu pola atau urutan. Alur dibagi menjadi, alur maju, alur mundur, dan alur campuran. 
  5. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara narasi yang digunakan penulis untuk membiarkan pembaca “mendengar” dan “melihat” apa yang terjadi dalam sebuah cerita. Sudut pandang dibagi menjadi sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. 
  6. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan seorang pengarang melalui cerita. Amanat juga disebut sebagai pesan yang mendasari cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada para pembaca.
  7. Gaya bahasa/gaya bercerita. gaya bahasa biasanya menggambarkan jenis cerita tersebut. Novel sastra biasanya menggunakan gaya bahasa baku, sedangkan novel populer menggunakan gaya bahasa santai atau semiformal. 

Setelah memahami penjelasan unsur intrinsik di atas, kutipan novel tersebut menonjolkan unsur intrinsik tema. Hal ini terbukti kalimat-kalimat dalam kutipan lebih menekankan pada nilai-nilai, yaitu keagamaan, seperti Tapi, ada lagi kebenaran yang lebih mutlak yang tak bisa ditawar-tawar lagi, yakni kebenaran yang dikatakan Tuhan dalam kitab-Nya. Prinsip hidup segala manusialah menjunjung kebenaran Tuhan.” 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

3rb+

4.7 (4 rating)

Pertanyaan serupa

Unsur instrinsik yang terdapat pada penggalan novel di atas adalah.…

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia