Roboguru

Unsur intrinsik yang paling menonjol adalah ….

Pertanyaan

Unsur intrinsik yang paling menonjol adalah …. 

  1. penokohan 

  2. alur 

  3. setting 

  4. amanat 

  5. tema 

Pembahasan Soal:

Novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur pembentuk intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur-unsur dalam atau merupakan unsur utama yang membangun utuhnya sebuah novel diantaranya yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, sudut pandang, gaya cerita, dan amanat. 

Unsur Intrinsik novel antara lain: 

  1. Tema. tema adalah makna yang dikandung oleh sebuah cerita.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh adalah pemeran dalam cerita. Penokohan merupakan karakter tiap pemeran. Penokohan dibagi menjadi tiga, yaitu protagonis, antagonis, dan tirtagonis. 
  3. Latar. latar adalah keterangan waktu, tempat, atau suasana sebuah cerita berlangsung. 
  4. Alur.  Alur adalah istilah sastra yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang membentuk sebuah cerita, atau bagian utama dari sebuah cerita. Peristiwa-peristiwa ini berhubungan satu sama lain dalam suatu pola atau urutan. Alur dibagi menjadi, alur maju, alur mundur, dan alur campuran. 
  5. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara narasi yang digunakan penulis untuk membiarkan pembaca “mendengar” dan “melihat” apa yang terjadi dalam sebuah cerita. Sudut pandang dibagi menjadi sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. 
  6. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan seorang pengarang melalui cerita. Amanat juga disebut sebagai pesan yang mendasari cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada para pembaca.
  7. Gaya bahasa/gaya bercerita. gaya bahasa biasanya menggambarkan jenis cerita tersebut. Novel sastra biasanya menggunakan gaya bahasa baku, sedangkan novel populer menggunakan gaya bahasa santai atau semiformal. 

Setelah memahami penjelasan unsur intrinsik di atas, kutipan novel tersebut menonjolkan unsur intrinsik tema. Hal ini terbukti kalimat-kalimat dalam kutipan lebih menekankan pada nilai-nilai, yaitu keagamaan, seperti Tapi, ada lagi kebenaran yang lebih mutlak yang tak bisa ditawar-tawar lagi, yakni kebenaran yang dikatakan Tuhan dalam kitab-Nya. Prinsip hidup segala manusialah menjunjung kebenaran Tuhan.” 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Tema adalah pokok pembicaraan yang mendasar cerita. Kutipan novel I memiliki tema permusuhan. Hal tersebut terbukti dari keinginan tokoh “saya” untuk membalas dendam kepada Midun. Kutipan novel II memiliki tema perjuangan. Hal tersebut terbukti dari usaha Raja Maulana melawan kompeni. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Bacalah kutipan dua novel berikut!   Novel I Tengah aku sembahyang, masuklah Anwar sambil bersiul-siul lembut, tertegun ia. Dan ketika aku melakukan salam, tampaknya ia masih berdiri sambil menggel...

Pembahasan Soal:

 

Kutipan novel 1 menceritakan tentang seseorang yang bersiul ketika si tokoh aku sedang beribadah. Tanpa merasa bersalah, ia melanjutkan siulannya sambil menyisir rambutnya.

Kutipan novel 2 menceritakan tentang seorang ayah yang menanyakan seseorang yang mengantarkan pulang anak-anaknya.

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah novel 1 bertema keagamaan, sedangkan novel 2 bertema kekeluargaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Bacalah kedua kutipan novel berikut ini! Perbedaan tema antara kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kutipan novel I menceritakan sepasang suami istri yang sering bertengkar. Pertengkaran dalam sebuah keluarga merupakan masalah dalam keluarga sehingga tema yang tepat untuk kutipan novel I adalah keluarga.

Kutipan novel II menceritakan tanggapan seorang sopir taksi terhadap orang-orang yang menggunakan jasa taksinya. Tanggapan yang dilakukan oleh sopir taksi ini menunjukkan adanya hubungan sosial antara satu individu dengan individu lainnya sehingga tema yang muncul adalah sosial.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Bacalah kutipan novel berikut!     Ketenangan di bawah pohon mbulu itu seakan diberi bobot Iain oleh kedatangan seorang pemancing tua. Lelaki itu telah lama menjadikan kerindangan pohon mbulu di tep...

Pembahasan Soal:

Pembahasan 

Unsur intrinsik pada kutipan novel adalah latar
Bukti : menggambarkan latar dibawah pohon mbulu dan menggambarkan tempat memancing yang biasanya tokoh dalam novel datangi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan dan novel berikut ! Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Tema adalah pokok pembicaraan yang mendasarI cerita. Kutipan novel I memiliki tema permusuhan. Hal tersebut terbukti dari keinginan tokoh “saya” untuk membalas dendam kepada Midun. Kutipan novel II memiliki tema perjuangan. Hal tersebut terbukti dari usaha Raja Maulana melawan kompeni. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved