Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

   
   Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang kini dikarantina di Kabupaten Natuna sepulang dari Wuhan, Tiongkok, dalam kondisi sehat. Kesimpulan tersebut sesuai hasil observasi terhadap 238 WNI yang belum lama ini tiba dari Wuhan tersebut.

    "Sampai pagi ini, laporan teman-teman yang melakukan pelayanan di dalam, semuanya dalam keadaan sehat," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes, Anung Sugihantono, di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020), seperti dilansir Antara. 

    Menurut Anung, di antara 238 WNI tersebut juga tidak ada satu pun yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat Celsius. Dia menyampaikan kondisi ini mengingat demam termasuk salah satu tanda infeksi virus corona. Semua anggota tim pendukung yang bertugas menangani para WNI tersebut juga dalam kondisi sehat. Tim kesehatan di Natuna pun tidak menemukan keluhan lain dari 238 WNI dan tim pendukung.

    Pengecekan suhu tubuh dilakukan minimal dua kali sehari. Tim melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh saudara sebangsa yang berada di ring 1, yaitu mereka yang dievakuasi dari Tiongkok sebanyak 238 orang, ditambah tim dari Kementerian Luar Negeri lima orang, dan tim penjemput, termasuk kru pesawat. Petugas juga melakukan analisis terhadap keluhan warga di tempat itu, yang berkaitan dengan gejala dan tanda infeksi virus 2019-nCoV. 

    Tim di Natuna terus memastikan seluruh WNI di tempat karantina dalam keadaan sehat dengan memberikan makanan cukup bergizi. Warga di lokasi observasi juga melakukan olahraga dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya di dalam hanggar. Dalam siaran persnya, Kemenkes menyatakan telah mengirim alat kesehatan lingkungan, mesin pengolah limbah medis, dan pelindung diri. Perlengkapan tersebut dibutuhkan selama masa karantina para WNI di Natuna. Logistik tersebut sampai di Natuna pada Senin malam, 3 Februari 2020. 


Disadur dari: https://tirto.id/kondisi-wni-di-natuna-yang-dikarantina-guna-antisipasi-virus-corona-ewTj, diunduh 12 Februari 2020. 
 

Unsur how (bagaimana) pada teks berita tersebut terdapat pada pernyataan ...space 

  1. Keterangan tentang kondisi WNI yang dikarantina di Kabupaten Natuna disampaikan pada Selasa, 4 Februari 2020.undefined 

  2. Kesimpulan tersebut sesuai hasil observasi terhadap 238 WNI yang belum lama ini tiba dari Wuhan tersebut.undefined 

  3. Tim di Natuna terus memastikan seluruh WNI di tempat karantina dalam keadaan sehat dengan memberikan makanan cukup bergizi.undefined 

  4. Laporan kesehatan WNI yang dikarantina di Kabupaten Natuna disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes, Anung Sugihantono.undefined 

A. Acfreelancerrr

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pola pengembangan teks berita biasanya  diarahkan untuk menjawab beberapa pertanyaan kunci yang menjadi unsur berita. Unsur-unsur dalam teks berita antara lain pertanyaan what,who, when, where, why, dan how (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana). Unsur how (bagaimana) dalam teks berita di atas terdapat pada paragraf ke-5 yaitu menjawab pertanyaan, "Bagaimana langkah yang dilakukan tim kesehatan di Natuna untuk menjaga kondisi WNI di karantina?"

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

437

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Informasi penting terkait alasan suatu hal yang terjadi dapat digali dengan kata tanya ….

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia