Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri-ciri khusus kelelawar:

  1. Kelelawar bisa terbang,
  2. Kelelawar adalah hewan nokturnal,
  3. Kelelawar mempunyai kemampuan ekolokasi,
  4. Kelelawar tidur menggantung.space 

Ubahlah teks tersebut menjadi teks deskriptif!

Ubahlah teks tersebut menjadi teks deskriptif!space 

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks laporan observasi adalah teks yang bertujuan untuk memperinci, mengklasifikasi, dan memberi informasi faktual tentang orang, hewan, objek, atau fenomena. Teks laporan observasi memiliki struktur pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Pada teks di atas, dapat diubah menjadi deskripsi bagian dengan tetap mempertahankan isi teks. Ciri-ciri khusus kelelawar: Kelelawar bisa terbang, Kelelawar adalah hewan nokturnal, Kelelawar mempunyai kemampuan ekolokasi, Kelelawar tidur menggantung. Kalimat deskripsi yang tepat ialah "Kalelawar merupakan hewan yang dapat terbang. Hewan ini beraktivtas pada malam hari sehingga disebut sebagai hewan nokturnal. Kalelawar memiliki kemampuan mengenali lingkungan sekitar melalui gelombang suara atau disebut kemampuan ekolokasi. Ketika tidur, kalelawar menggantungkan dirinya di tangkai pohon atau gua." Jadi, teks deskriptif yang tepat yakni: Kalelawar merupakan hewan yang dapat terbang. Hewan ini beraktivItas pada malam hari sehingga disebut sebagai hewan nokturnal. Kalelawar memiliki kemampuan mengenali lingkungan sekitar melalui gelombang suara atau disebut kemampuan ekolokasi. Ketika tidur, kalelawar menggantungkan dirinya di tangkai pohon atau gua .

Teks laporan observasi adalah teks yang bertujuan untuk memperinci, mengklasifikasi, dan memberi informasi faktual tentang orang, hewan, objek, atau fenomena. Teks laporan observasi memiliki struktur pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Pada teks di atas, dapat diubah menjadi deskripsi bagian dengan tetap mempertahankan isi teks.

Ciri-ciri khusus kelelawar:

  1. Kelelawar bisa terbang,
  2. Kelelawar adalah hewan nokturnal,
  3. Kelelawar mempunyai kemampuan ekolokasi,
  4. Kelelawar tidur menggantung.

Kalimat deskripsi yang tepat ialah "Kalelawar merupakan hewan yang dapat terbang. Hewan ini beraktivtas pada malam hari sehingga disebut sebagai hewan nokturnal. Kalelawar memiliki kemampuan mengenali lingkungan sekitar melalui gelombang suara atau disebut kemampuan ekolokasi. Ketika tidur, kalelawar menggantungkan dirinya di tangkai pohon atau gua."

Jadi, teks deskriptif yang tepat yakni:

Kalelawar merupakan hewan yang dapat terbang. Hewan ini beraktivItas pada malam hari sehingga disebut sebagai hewan nokturnal. Kalelawar memiliki kemampuan mengenali lingkungan sekitar melalui gelombang suara atau disebut kemampuan ekolokasi. Ketika tidur, kalelawar menggantungkan dirinya di tangkai pohon atau gua.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

130

Jeremiah Sianturi

Jawaban tidak sesuai ; Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengubahan teks tersebut menjadi jenis teks lain yang tepat adalah ...

50

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia