Iklan

Iklan

Pertanyaan

Laporan Hasil Observasi Tanaman Ekor Kucing


Tanaman ekor kucing
Sumber: https://1.bp.blogspot.com/-TPldzelEHcs/Wi8GTQus5Ol/AAAAAAAAA_ Y/9-qFprqSVk001n7Kk0R_0_TGgm8nfQ8TgC LcBGAs/s1600/Tanaman%2BEkor%2BKucing.jpg, diunduh 21 Januari 2020

Ekor kucing merupakan tanaman asli dari Hindia Barat. Umumnya, tanaman ekor kucing ditanam sebagai tanaman hias di halaman atau di taman. Tanaman ekor kucing merupakan tanaman perdu, tumbuh tegak dengan tinggi 1-3 meter. Tanaman ini memiliki batang bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, berwarna cokelat kehijauan. Daun tanaman ekor kucing merupakan daun tunggal, bertangkai panjang, dan letaknya berseling. Helaian daunnya berbentuk bulat telur atau lonjong, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi. Pertulangan daun ekor kucing menyirip dengan panjang 12-20 cm, lebar 6-16 cm berwarna·hijau muda.

Bunga berkelamin tunggal dalam satu pohon. Bunga betina berkumpul dalam karangan berbentuk bulir yang keluar dari ketiak daun. Bunga tanaman ekor kucing memiliki bentuk bulat panjang berjuntai ke bawah, berdiameter 1-1,5 cm, panjang 20-50 cm, berwarna merah. Buah tanaman ekor kucing berbentuk bulat, kecil, berambut,. berwarna hijau. Di dalam buahnya terdapat biji berbentuk bulat, kecil, berwarna putih kotor. Tanaman ekor kucing dapat diperbanyak dengan biji.

Bunga tanaman ekor kucing berkhasiat menghentikan pendarahan dan peluruh kencing. Akar dan daun tanaman ekor kucing berkhasiat untuk hemostatis. Daun tanaman ekor kucing dapat mengatasi bercak putih di kulit karena kehilangan pigmen (vitiligo), disentri, batuk darah, Iuka berdarah, dan mengobati sariawan.

Disadur dari: Fauziah Muhlisah, Mari Bertanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga), Yogyakana, Aswaja Pressindo 2015space 

Suntinglah teks laporan hasil observasi tersebut agar terbebas dari kesalahan berbahasa!

Suntinglah teks laporan hasil observasi tersebut agar terbebas dari kesalahan berbahasa!space 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis.Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu. Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca. Teks laporan hasil observasi setelah disunting: Ekor kucing merupakan tanaman asli dari Hindia Barat. Umumnya, tanaman ekor kucing ditanam sebagai tanaman hias di halaman atau di taman. Tanamanekor kucing merupakan tanaman perdu, tumbuh tegak dengan tinggi 1-3 meter, batang bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, dan berwarna cokelat kehijauan. Daun tanaman ekor kucingmerupakan daun tunggal, bertangkai panjang, dan letaknya berseling. Helaian daunnya berbentuk bulat telur atau lonjong, ujung runcing,pangkal tumpul, tepi bergerigi. Pertulangan daun ekor kucing menyirip dengan panjang 12-20 cm, lebar 6-16 cm berwarna·hijau muda. Tanaman ekor kucing dapat diperbanyak dengan biji.Di dalam buahnya terdapat biji berbentuk bulat, kecil, berwarna putih kotor. Buah tanaman ekor kucing berbentuk bulat, kecil, berambut, danberwarna hijau. Bunga tanaman ekor kucing memiliki bentuk bulat panjang berjuntai ke bawah, berdiameter 1-1,5 cm,panjang 20-50 cm, berwarna merah. Bunga berkelamin tunggal dalam satu pohon. Bunga betina berkumpul dalam karangan berbentuk bulir yang keluar dari ketiak daun. Daun tanaman ekor kucing dapat mengatasi bercak putih di kulit karena kehilangan pigmen (vitiligo), disentri, batuk darah, Iuka berdarah, dan mengobati sariawan. Daun dan akar tanaman ekor kucing berkhasiat untuk hemostatis.

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.

Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.

Teks laporan hasil observasi setelah disunting:

Ekor kucing merupakan tanaman asli dari Hindia Barat. Umumnya, tanaman ekor kucing ditanam sebagai tanaman hias di halaman atau di taman. Tanaman ekor kucing merupakan tanaman perdu, tumbuh tegak dengan tinggi 1-3 meter, batang bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, dan berwarna cokelat kehijauan. Daun tanaman ekor kucing merupakan daun tunggal, bertangkai panjang, dan letaknya berseling. Helaian daunnya berbentuk bulat telur atau lonjong, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi. Pertulangan daun ekor kucing menyirip dengan panjang 12-20 cm, lebar 6-16 cm berwarna·hijau muda.

Tanaman ekor kucing dapat diperbanyak dengan biji. Di dalam buahnya terdapat biji berbentuk bulat, kecil, berwarna putih kotor. Buah tanaman ekor kucing berbentuk bulat, kecil, berambut, dan berwarna hijau. Bunga tanaman ekor kucing memiliki bentuk bulat panjang berjuntai ke bawah, berdiameter 1-1,5 cm, panjang 20-50 cm, berwarna merah. Bunga berkelamin tunggal dalam satu pohon. Bunga betina berkumpul dalam karangan berbentuk bulir yang keluar dari ketiak daun.

Daun tanaman ekor kucing dapat mengatasi bercak putih di kulit karena kehilangan pigmen (vitiligo), disentri, batuk darah, Iuka berdarah, dan mengobati sariawan. Daun dan akar tanaman ekor kucing berkhasiat untuk hemostatis.space 

Latihan Bab

Mengenal Laporan Hasil Observasi

Kebahasaan Laporan Hasil Observasi

Identifikasi Laporan Hasil Observasi

Analisis Laporan Hasil Observasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah kalimat kompleks menggunakan konjungsi pertentangan!

470

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia