Roboguru

Tumbuhan anggrek pada gambar di atas banyak dijumpai di daerah ....

Pertanyaan

Tumbuhan anggrek pada gambar di atas banyak dijumpai di daerah ....space 

  1. Taiga

  2. Hutan musim

  3. Hutan hujan tropis

  4. Tundra

  5. Padang rumput

Pembahasan Soal:

Tumbuhan anggrek banyak dijumpai di kawasan hutan hujan tropis. Tumbuhan anggrek termasuk dalam jenis tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan yang lain tanpa merugikan tumbuhan yang ditumpangi atau yang disebut dengan tumbuhan empifit. Hutan hujan tropis kaya akan tumbuhan dengan bentuk pohon besar sehingga memudahkan anggrek untuk menumpang dan berkembang biak selain itu, karena hutan hujan tropis juga mencukupi untuk ketersedian air tumbuhan anggrek. Jadi, anggrek banyak ditemui di kawasan hutan hujan tropis.

Jadi jawaban yang benar adalah C

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Frabatu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan karakteristik hutan berikut ini! Hutan selalu hijau sepanjang tahun. Kawasan hutan dimanfaatkan untuk ternak sapi. Memiliki pohon tinggi dan berdaun lebat. Pohon menggugurkan daunnya ...

Pembahasan Soal:

Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. Bioma terbagi menjadi beberapa jenis yang ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya mataharinya, salah satu jenis bioma adalah Hutan Hujan Tropis. Bioma Hutan Hujan Tropika/Tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap. Bioma ini dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa (0°-10° LU/LS). Ciri bioma ini yaitu hutan selalu hijau sepanjang tahun karena curah hujan yang tinggi, memiliki pohon tinggi dan berdaun lebat yang menutupi hutan sehingga sinar matahari tidak dapat menjangkau dasar hutan. Hutan hujan tropis ini dapat ditemui di Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko, dan Kepulauan Pasifik. Hutan ini juga dikenal sebagai lowland equatorial evergreen rainforest, tropical lowland, evergreen rainforest, atau tropical rainforest.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka karakteristik hutan hujan tropis Indonesia adalah hutan selalu hijau sepanjang tahun, memiliki pohon tinggi dan berdaun lebat yang menutupi hutan dan sinar matahari tidak dapat menjangkau dasar hutan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Persebaran hutan hujan tropik di Pulau Kalimantan mendukung aktivitas ekonomi penduduk setempat di bidang...

Pembahasan Soal:

Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia dengan persebaran hutan hujan tropik. Dengan adanya potensi tersebut maka potensi kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan antara lain perkayuan dan rotan.

Roboguru

Curah hujan di atas 2.000 mm/tahun dan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun merupakan karakteristik khas bioma....

Pembahasan Soal:

Hutan hujan tropis adalah biomassa dalam bentuk hutan basah atau lembab, yang ditemukan di daerah sekitar khatulistiwa, yaitu garis lintang sekitar 0-10degreeC di utara dan selatan khatulistiwa. Hutan hujan tropis memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Curah hujan sangat tinggi, lebih dari 2.000 mm/tahun.
  • Pohon utama memiliki ketinggian antara 20-40 m.
  • Mendapatkan cukup sinar matahari, tetapi sinar matahari tidak bisa menembus lantai hutan.
  • Cabang pohon berdaun lebat dan lebar berwarna hijau sepanjang tahun.
  • Memiliki iklim mikro di lingkungan sekitar permukaan tanah atau di bawah kanopi (daun pada pohon besar membentuk tudung).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Hutan hujan tropis bisa berkembang dengan baik jika berada pada daerah dengan curah hujan ....

Pembahasan Soal:

Hutan hujan tropis dapat tumbuh dengan baik jika berada pada daerah dengan intensitas curah hujan yang tinggi yaitu berada pada kisaran 800 sampai 1.200 mm/tahun. Hutan hujan tropis (rain forest) kebanyakkan berada padwa wilayah yang beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Vegetasi endemik hutan hujan tropis di Kalimantan adalah....

Pembahasan Soal:

Jenis tumbuhan di wilayah persebaran pulau Kalimantan sangat dipengaruhi oleh jenis iklim yang ada di wilayah tersebut, yaitu iklim Af.  Wilayah iklim Af di dominasi oleh hutan tropis yang memiliki curah hujan dan kelembaban yang tinggi. Sehingga jenis vegetasi yang terdapat di pulau Kalimantan ini terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Jenis vegetasi kosmopolitan yang disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi. Wilayah ini didominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat dengan spesies tumbuhan yang khas seperti kayu meranti yang keras seperti pohon deptirokarpus dan berbagai macam anggrek.
  • Pohon paku, lumut dan jamur yang merupakan jenis tumbuhan yang di akibatkan oleh kelembaban yang tinggi.

Anggrek hitam, gaharu, dan ulin merupakan vegetasi yang hidup di bioma hutan hujan tropis, karena vegetasi ini hidup didalam kelembapan yang tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved