Tulislah struktur teks diskusi di atas! Simpulan: ....

Pertanyaan

Bahaya Narkoba

Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak diketahui masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalah gunaan narkoba.

Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak. 

Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyak buktinya antara lain:

  • Mengganggu kinerja jantung
  • Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat 
  • Kerusakan otak
  • Gangguan pada paru-paru
  • Gangguan fungsi reproduksi
  • Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  • Sering mual dan muntah-muntah
  • AIDS

Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.

Misalnya untuk melakukan bius pada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya.

Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba, bijaknya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.space 

Tulislah struktur teks diskusi di atas!

  1. Simpulan: ....space 

M. Fauzi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks diskusi adalah bahan tertulis sebagai media untuk mencatat hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah. Teks diskusi dapat terdiri atas pendapat-pendapat yang muncul dalam diskusi, seperti pendapat yang menyetujui atau yang menolak hasil diskusi. Teks diskusi terdiri atas isu, argumen, simpulan dan saran.

Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk berbagai pihak. Pada bagian simpulan (conclusion), penulis menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang akan dibahas. Baiknya penulis mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar simpulan yang penulis ambil tidak lagi menimbulkan masalah baru. Simpulan pada teks diskusi di atas ditunjukkan pada paragraf akhir.

"Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba, bijaknya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas."space 

153

4.2 (4 rating)

Melita Newtirame Purba

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Tentukan struktur teks diskusi tersebut!

55

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia