Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama!


Dampak pandemi Covid-19 semakin terasa. Rumah-rumah makan yang biasanya ramai kini menjadi lesu. Daya beli masyarakat turun, termasuk daya beli pada produk-produk pertanian. Produksi pertanian sebenarnya melimpah, tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga.


(Sumber: republika.co.id)space 

Tulislah kalimat prediksi yang sesuai dengan teks tersebut.

Tulislah kalimat prediksi yang sesuai dengan teks tersebut.space 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian.

dapat disimpulkan bahwa kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian.space 

Iklan

Pembahasan

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat yang biasanya dimuat dalam surat kabar atau majalah. Menurut KBBI , prediksi artinya perkiraan. Memprediksi berarti membuat perkiraan. Jika yang diprediksi adalah sebuah teks (nonsastra), prediksi yang dimaksud adalah kelanjutan peristiwa atau akibat dari rangkaian peristiwa dalam teks. Teks di atas menyatakan bahwa pada masa pandemi Covid-19 berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat termasuk pada produk-produk pertanian. Produk pertanian melimpah, tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga. Kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas harus berkaitan dengan akibat yang ditimbulkan dari produk pertanian yang melimpah tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga. Akibat yang ditimbulkan dari produk pertanian yang melimpah tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian. Maka, kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian.

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat yang biasanya dimuat dalam surat kabar atau majalah.

Menurut KBBI, prediksi artinya perkiraan. Memprediksi berarti membuat perkiraan. Jika yang diprediksi adalah sebuah teks (nonsastra), prediksi yang dimaksud adalah kelanjutan peristiwa atau akibat dari rangkaian peristiwa dalam teks.

Teks di atas menyatakan bahwa pada masa pandemi Covid-19 berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat termasuk pada produk-produk pertanian. Produk pertanian melimpah, tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga.

Kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas harus berkaitan dengan akibat yang ditimbulkan dari produk pertanian yang melimpah tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga.

Akibat yang ditimbulkan dari produk pertanian yang melimpah tetapi permintaan sepi sehingga terjadi penurunan harga adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian.

Maka, kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat prediksi yang sesuai dengan teks di atas adalah jika kejadian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan banyak petani yang mengalami kerugian.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

102

Ardhan Luthfi

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan teks berikut! Membangun rumah di tepi sungai bukan- lah keinginan seseorang. Banyak orang akan memilih membangun rumah di pinggir jalan sehingga lebih mudah melakukan beberapa aktivita...

76

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia