Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks laporan berikut.


Paus

    Paus merupakan mamalia yang hidup di laut. Mamalia termasuk jenis hewan vertebrata atau bertulang belakang. Mamalia bernapas dengan paru-paru dan berkembang biak secara vivipar (beranak atau melahirkan). Mamalia tergolong hewan berdarah panas karena memiliki lapisan lemak yang tebal untuk mempertahankan suhu tubuh sehingga dapat bertahan pada suhu lingkungan yang berubah-ubah.
    Paus termasuk kelompok Cetatea. Kelompok ini terbagi menjadi tiga jenis berikut.

  1. Archaeoseti atau paus bergigi. Jenis ini memiliki gigi yang heteroden (bentuk gigi yang berbeda). Anak paus jenis ini memilliki gigi susu yang akan tanggal dan digantikan gigi tetap. Jenis paus ini sudah lama punah.
  2. Odontoseti atau paus modern bergigi. Jenis ini memiliki gigi yang homoden atau sama. Anaknya tidak memiliki gigi susu karena sejak lahir sudah memiliki gigi tetap.
  3. Mistiseti atau paus balin. Jenis ini memiliki gigi dan balin, yaitu zat tanduk yang berjumbai menggantung dari rahang atas. Balin digunakan untuk menyalin makanan dari air taut.

    Meskipun termasuk salah satu predator laut, paus memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga ekosisitem laut. Hewan ini bermanfaat untuk menjaga rantai makanan di lautan. Hal ini disebabkan paus memangsa ikan, udang, cumi, dan plankton. Apabila paus mengalami kepunahan, populasi hewan pemakan kerang-kerangan dan plankton akan meningkat. Keadaan ini akan mengganggu keseimbangan ekosistem laut. Oleh karena itu, paus juga termasuk hewan langka yang perlu dilindungi populasinya.

(Diolah dari berbagai sumber)space 

Tulislah gagasan utama paragraf pertama teks tersebut.

Tulislah gagasan utama paragraf pertama teks tersebut.space 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gagasan utama paragraf pertama teks tersebut adalahpaus merupakan mamalia yang hidup di laut.

gagasan utama paragraf pertama teks tersebut adalah paus merupakan mamalia yang hidup di laut.space 

Iklan

Pembahasan

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Dalam sebuah teks laporan observasi terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu gagasan utama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir. Gagasan utama pada paragraf pertama teks tersebut terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Jadi, gagasan utamaparagraf pertama yaitu paus merupakan mamalia yang hidup di laut. Dengan demikian, gagasan utama paragraf pertama teks tersebut adalahpaus merupakan mamalia yang hidup di laut .

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Dalam sebuah teks laporan observasi terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu gagasan utama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Gagasan utama pada paragraf pertama teks tersebut terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Jadi, gagasan utama paragraf pertama yaitu paus merupakan mamalia yang hidup di laut.

Dengan demikian, gagasan utama paragraf pertama teks tersebut adalah paus merupakan mamalia yang hidup di laut.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi

Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Menganalisis Teks Laporan Hasil Observasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

505

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor ....

879

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia