Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Kita tinggal di bawah lapisan udara yang disebuit atmosfer. (2) Tuhan menciptakan atmosfer yang mengandung oksigen agar semua makhluk yang hidup di bumi bisa bernafas. (3) Jadi, Tuhan menciptakan lapisan atmosfer untuk melindungi makhluk-Nya.space 

Gagasan utama paragraf di atas dinyatakan dengan kalimat ....

Gagasan utama paragraf di atas dinyatakan dengan kalimat ....space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (1), (3)space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepatadalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Kutipan tersebut merupakan bagian dari teks laporan hasil observasi, karena menjelasakan tentang suatu objek yang telah diamati, yaitu atmosfer. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Di dalam soal meminta kita untuk mencari gagasan utama pada teks yang dilampirkan. Gagasan utamaadalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat di kalimat utama dan setiap paragraf hanya memiliki satu ide pokok. Berdasarkan letaknya, kalimat utama bisa terdapat pada awal paragraf (paragraf deduktif), akhir paragraf (paragraf induktif), dan awal sekaligus akhir paragraf (Campuran). Paragraf induktif biasanya ditandai dengan penggunaan kata jadi, maka, dengan demikian, oleh karena itu, dan oleh sebab itu di akhir paragraf. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat kita analisis kutipan berikut agar kita dapat menentukan gagasan utamanya. (1) Kita tinggal di bawah lapisan udara yang disebuit atmosfer. (2) Tuhan menciptakan atmosfer yang mengandung oksigen agar semua makhluk yang hidup di bumi bisa bernafas. (3) Jadi, Tuhan menciptakan lapisan atmosfer untuk melindungi makhluk-Nya. Sesuai penjelasan tentang jenis gagasan utama berdasarkan letaknya, maka kutipan tersebut merupakan paragrafinduktif. Gagasan utama terdapat pada kalimat ke-3 yaitu "Jadi, Tuhan menciptakan lapisan atmosfer untuk melindungi makhluk-Nya." yang ditandai kata "Jadi". Dengan demikian, jawaban yang tepatadalah C.

    Kutipan tersebut merupakan bagian dari teks laporan hasil observasi, karena menjelasakan tentang suatu objek yang telah diamati, yaitu atmosfer. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

    Di dalam soal meminta kita untuk mencari gagasan utama pada teks yang dilampirkan. Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat di kalimat utama dan setiap paragraf hanya memiliki satu ide pokok. Berdasarkan letaknya, kalimat utama bisa terdapat pada awal paragraf (paragraf deduktif), akhir paragraf (paragraf induktif), dan awal sekaligus akhir paragraf (Campuran). Paragraf induktif biasanya ditandai dengan penggunaan kata jadi, maka, dengan demikian, oleh karena itu, dan oleh sebab itu di akhir paragraf. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat kita analisis kutipan berikut agar kita dapat menentukan gagasan utamanya.

(1) Kita tinggal di bawah lapisan udara yang disebuit atmosfer. (2) Tuhan menciptakan atmosfer yang mengandung oksigen agar semua makhluk yang hidup di bumi bisa bernafas. (3) Jadi, Tuhan menciptakan lapisan atmosfer untuk melindungi makhluk-Nya.

    Sesuai penjelasan tentang jenis gagasan utama berdasarkan letaknya, maka kutipan tersebut merupakan paragraf induktif.  Gagasan utama terdapat pada kalimat ke-3 yaitu "Jadi, Tuhan menciptakan lapisan atmosfer untuk melindungi makhluk-Nya." yang ditandai kata "Jadi".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor ....

10

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia