Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks esai berikut!


Mengembalikan Fungsi Trotoar

     Indonesia telah dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang malas berjalan kaki. Ada banyak alasan yang membuat masyarakat kita lebih memilih mengenakan kendaraan ketimbang berjalan kaki, salah satunya adalah kondisi trotoar.

     Trotoar merupakan sarana bagi masyarakat untuk berjalan kaki, tetapi saat ini mulai disalahgunakan. Beberapa penyalahgunaannya antara lain digunakan sebagai tempat berjualan atau parkir kendaraan. Dan yang cukup sering terjadi adalah digunakan oleh sepeda motor untuk menghindari kemacetan di jalan raya.

     Tentunya keadaan yang seperti itu membuat masyarakat kurang merasa nyaman untuk berjalan kaki. Telah banyak upaya dari pemerintah untuk menanggulangi masalah ini. Misalnya dengan menertibkan pedagang kaki lima dan kendaraan roda dua yang menggunakan trotoar.

     Namun, tampaknya upaya tersebut belum maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya kejadian serupa yang dapat dijumpai di beberapa kota di Indonesia. Sehingga, diperlukan tindakan yang lebih tegas dari pemerintah untuk memberi efek jera bagi orang-orang yang telah menyalahgunakan trotoar.

Sumber: https://www.bagi-in.com/contoh-essay/space  

Tulislah dua informasi yang terdapat dalam teks esai di atas!

Tulislah dua informasi yang terdapat dalam teks esai di atas!space  

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berikut dua informasi yang terdapat dalam teks esai tersebut.

berikut dua informasi yang terdapat dalam teks esai tersebut.

Iklan

Pembahasan

Teks esai adalah tulisan yang memuat sebuah pembahasan suatu tema berdasarkan sudut pandang penulis. Esai juga sering dianggap sebagai tulisan yang mengandung pendapat dan bersifat subjektif serta argumentatif. Meskipun memuat pendapat pribadi, informasi yang dituang dalam esai haruslah logis dan didasari oleh fakta. Struktur teks esai terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan berisi pengungkapan awal atau latar belakang mengenai topik yang hendak dibahas lebih jauh pada bagian isi. Isi atau pembahasan adalah bagian inti dari esai yang berisi penjelasan suatu tema secara lebih rinci. Penutup berisi simpulan atau rangkuman dari penjelasan yang telah ditulis pada bagian sebelumnya. Berdasarkan penjelasan ini, dapat diketahui bahwa teks esai tersebut membahas alasan masyarakat Indonesia yang dikenal malas berjalan kaki. Informasi terkait itu diungkapkan pada setiap bagian esai. Dengan demikian, berikut dua informasi yang terdapat dalam teks esai tersebut. Indonesia telah dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang malas berjalan kaki. Keadaan trotoar yang disalahgunakan membuat masyarakat kurang merasa nyaman untuk berjalan kaki.

Teks esai adalah tulisan yang memuat sebuah pembahasan suatu tema berdasarkan sudut pandang penulis. Esai juga sering dianggap sebagai tulisan yang mengandung pendapat dan bersifat subjektif serta argumentatif. Meskipun memuat pendapat pribadi, informasi yang dituang dalam esai haruslah logis dan didasari oleh fakta. Struktur teks esai terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan berisi pengungkapan awal atau latar belakang mengenai topik yang hendak dibahas lebih jauh pada bagian isi. Isi atau pembahasan adalah bagian inti dari esai yang berisi penjelasan suatu tema secara lebih rinci. Penutup berisi simpulan atau rangkuman dari penjelasan yang telah ditulis pada bagian sebelumnya. Berdasarkan penjelasan ini, dapat diketahui bahwa teks esai tersebut membahas alasan masyarakat Indonesia yang dikenal malas berjalan kaki. Informasi terkait itu diungkapkan pada setiap bagian esai.

Dengan demikian, berikut dua informasi yang terdapat dalam teks esai tersebut.

  1. Indonesia telah dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang malas berjalan kaki.
  2. Keadaan trotoar yang disalahgunakan membuat masyarakat kurang merasa nyaman untuk berjalan kaki.space  

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat (7) tidak efektif karena tidak memenuhi syarat ....

114

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia