Pertanyaan

(1) Nama saya Muhammad Gahzan Ar-Razi. (2) Saya lahir di Bandung, 6 Februari 2000. (3) Saya tinggal bersama orang tua dan dua orang saudara kandung yang sangat menyayangi saya.(4) Saya dibesarkan di kota Bandung ini sejak kecil. (5) Saya memulai pendidikan saya sejak berusia 3,5 tahun. (6) Waktu itu saya didaftarkan ke PAUD oleh orang tua saya. (7) Kemampuan saya dalam membaca, penulisan, dan menghitung sangat bagus sekali. (8) Oleh karena itu pada usia 5,5 tahun saya sudah memasuki TK B dan menjadi murid paling berprestasi.

Sumber: https://www.scribd.com/, dengan pengubahan.space

Kalimat (7) tidak efektif karena tidak memenuhi syarat ....

Kalimat (7) tidak efektif karena tidak memenuhi syarat .... 

  1. kesepadanan dan kepaduanundefined

  2. kecermatan dan kelogisanundefined

  3. keparalelan dan kehematanundefined

  4. ketegasan dan kesepadananundefined

  5. kehematan dan kecermatanundefined

L. Indah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined

Pembahasan

Kalimat dalam esai harus memperhatikan sisi keefektifan. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Ciri-ciri kalimat efektif, yakni ditinjau melalui kesepadanan struktur, keparalelan/kesejajaran bentuk, kehematan kata, ketegasan makna, kepaduan gagasan, serta kelogisan penalaran. Berdasarkan kutipan di atas, kalimat nomor tujuh dianggap tidak efektif karena tidak memenuhi syarat keparalelan dan kehematan kata. Syarat keparalelan tidak dipenuhi melalui penyebutan imbuhan yang tidak sejajar. Seharusnya, kata imbuhan penulisan disejajarkan bentuknya dengan dua imbuhan lainnya, yaitu membaca dan menghitung . Sementara itu, syarat kehematan kata tidak dipenuhi karena adanya pemakaian superordinat pada hiponimi, yakni pada ungkapan sangat bagus sekali. Seharusnya, penulisan kalimat yang benar adalah " Kemampuan saya dalam membaca, menulis, dan menghitung sangat bagus ". Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.

Kalimat dalam esai harus memperhatikan sisi keefektifan. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Ciri-ciri kalimat efektif, yakni ditinjau melalui kesepadanan struktur, keparalelan/kesejajaran bentuk, kehematan kata, ketegasan makna, kepaduan gagasan, serta kelogisan penalaran.

Berdasarkan kutipan di atas, kalimat nomor tujuh dianggap tidak efektif karena tidak memenuhi syarat keparalelan dan kehematan kata. Syarat keparalelan tidak dipenuhi melalui penyebutan imbuhan yang tidak sejajar. Seharusnya, kata imbuhan penulisan disejajarkan bentuknya dengan dua imbuhan lainnya, yaitu membaca dan menghitung. Sementara itu, syarat kehematan kata tidak dipenuhi karena adanya pemakaian superordinat pada hiponimi, yakni pada ungkapan sangat bagus sekali. Seharusnya, penulisan kalimat yang benar adalah "Kemampuan saya dalam membaca, menulis, dan menghitung sangat bagus".

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined

91

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tulislah dua informasi yang terdapat dalam teks esai di atas!

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia