Pertanyaan

Perhatikan iklan berikut!space 

Tuliskan unsur-unsur yang ada pada iklan di samping!

Tuliskan unsur-unsur yang ada pada iklan di samping!space 

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur iklan pada teks di atas ialah nama produk, gambar produk, kalimat deskriptif, dan kontak penjual.

unsur iklan pada teks di atas ialah nama produk, gambar produk, kalimat deskriptif, dan kontak penjual.space 

Pembahasan

Iklan adalah berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. Iklan memiliki unsur diantaranya sebagai berikut: Nama produk. Unsur iklan yang pertama adalah nama produk. Nama produk atau jasa yang diiklankan harus ada pada iklan sebagai identitas dari produk yang ditawarkan. Informasi nama produk harus menonjol agar mudah dikenali oleh khalayak ramai. Maka dari itu, perlu menyiapkan nama produk yang bagus dan kreatif agar calon pembeli tertarik membeli produk tersebut. Pembeli juga akan selalu teringat tentang produk yang dipasarkan melalui iklan yang unik dan memiliki ciri khas. Nama produk pada iklan di atas ialah perhiasan dan logam mulia. Gambar produk. Iklan yang hanya berupa teks atau tulisan saja, tentu membosankan. Adanya unsur visual seperti gambar atau gambar bergerak (video) akan lebih menarik bagi masyarakat agar mau melihatnya. Apalagi jika bisa memadukan unsur teks, gambar, gambar bergerak, dan video, audio, serta musik untuk membuat iklan lebih kece dan kekinian. Gambar produk di atas berupa gambar perhiasan. Tonjolkan keunggulan. Dalam iklan, keunggulan-keunggulan produk harus dijelaskan dan ditonjolkan. Keunggulan produk dan jasa yang diiklankan ini menjadi nilai plus dan jadi alasan mengapa target konsumen harus membeli atau menggunakan produk tersebut. Kalimat deskriptif. Kalimat deskriptif pada iklan sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang akan diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini harus menarik dan mudah dipahami oleh khalayak ramai. Kalimat yang susah dipahami akan mengurangi tujuan iklan itu sendiri. Kalimat deskriptif pada iklan di atas berupa jual beli perhiasn dan logam mulia. Kalimat persuasif atau ajakan. Selain deskriptif, harus ada kalimat persuasif atau ajakan. Fungsi kalimat persuasif penting untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau jasa yang sedang diiklankan. Kata-kata yang dipakai harus singkat dan bisa berbentuk slogan agar mudah diingat banyak orang. Kontak penjual. Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan kontak penjual. Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko tersebut. Kontak penjual dalam iklan di atas ialah Jln. Kapuh No.10 Padang. Telp. (0751 46381). Jadi, unsur iklan pada teks di atas ialah nama produk, gambar produk, kalimat deskriptif, dan kontak penjual.

Iklan adalah berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. Iklan memiliki unsur diantaranya sebagai berikut:

  1. Nama produk. Unsur iklan yang pertama adalah nama produk. Nama produk atau jasa yang diiklankan harus ada pada iklan sebagai identitas dari produk yang ditawarkan. Informasi nama produk harus menonjol agar mudah dikenali oleh khalayak ramai. Maka dari itu, perlu menyiapkan nama produk yang bagus dan kreatif agar calon pembeli tertarik membeli produk tersebut. Pembeli juga akan selalu teringat tentang produk yang dipasarkan melalui iklan yang unik dan memiliki ciri khas. Nama produk pada iklan di atas ialah perhiasan dan logam mulia.
  2. Gambar produk. Iklan yang hanya berupa teks atau tulisan saja, tentu membosankan. Adanya unsur visual seperti gambar atau gambar bergerak (video) akan lebih menarik bagi masyarakat agar mau melihatnya. Apalagi jika bisa memadukan unsur teks, gambar, gambar bergerak, dan video, audio, serta musik untuk membuat iklan lebih kece dan kekinian. Gambar produk di atas berupa gambar perhiasan.
  3. Tonjolkan keunggulan. Dalam iklan, keunggulan-keunggulan produk harus dijelaskan dan ditonjolkan. Keunggulan produk dan jasa yang diiklankan ini menjadi nilai plus dan jadi alasan mengapa target konsumen harus membeli atau menggunakan produk tersebut.
  4. Kalimat deskriptif. Kalimat deskriptif pada iklan sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang akan diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini harus menarik dan mudah dipahami oleh khalayak ramai. Kalimat yang susah dipahami akan mengurangi tujuan iklan itu sendiri. Kalimat deskriptif pada iklan di atas berupa jual beli perhiasn dan logam mulia.
  5. Kalimat persuasif atau ajakan. Selain deskriptif, harus ada kalimat persuasif atau ajakan. Fungsi kalimat persuasif penting untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau jasa yang sedang diiklankan. Kata-kata yang dipakai harus singkat dan bisa berbentuk slogan agar mudah diingat banyak orang.
  6. Kontak penjual. Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan kontak penjual.  Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat  toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon  pembeli lebih percaya dengan toko tersebut. Kontak penjual dalam iklan di atas ialah Jln. Kapuh No.10 Padang. Telp. (0751 46381).

Jadi, unsur iklan pada teks di atas ialah nama produk, gambar produk, kalimat deskriptif, dan kontak penjual.space 

784

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur teks iklan ditunjukkan pada angka ...

113

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia