Roboguru

Tuliskan ciri-ciri iklan yang baik!

Pertanyaan

Tuliskan ciri-ciri iklan yang baik!space 

Pembahasan Soal:

Iklan adalah berita pesanan (untuk mendorong , membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. Ciri-ciri iklan yang baik dan benar, yaitu:

  1. informatif, berfokus pada informasi yang ingin dikomunikasikan dari produk dan jasa yang diiklankan.
  2. komunikatif, bahasa iklan mudah dipahami; mudah diingat.
  3. bahasanya singkat dan padat: semakin singkat dan jelas bahasa yang digunakan maka konsumen akan dengan mudah memahami iklan yang ditawarkan.
  4. menarik: Mempunyai daya tarik tertentu sehingga konsumen yang disasarnya dapat berhenti untuk memperhatikan isi iklan.

Jadi, ciri-ciri iklan yang baik ialah informatif, komunikatif, bahasanya singkat dan padat, menarik.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Febriyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan unsur-unsur yang ada pada iklan di samping!

Pembahasan Soal:

Iklan adalah berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. Iklan memiliki unsur diantaranya sebagai berikut:

  1. Nama produk. Unsur iklan yang pertama adalah nama produk. Nama produk atau jasa yang diiklankan harus ada pada iklan sebagai identitas dari produk yang ditawarkan. Informasi nama produk harus menonjol agar mudah dikenali oleh khalayak ramai. Maka dari itu, perlu menyiapkan nama produk yang bagus dan kreatif agar calon pembeli tertarik membeli produk tersebut. Pembeli juga akan selalu teringat tentang produk yang dipasarkan melalui iklan yang unik dan memiliki ciri khas. Nama produk pada iklan di atas ialah perhiasan dan logam mulia.
  2. Gambar produk. Iklan yang hanya berupa teks atau tulisan saja, tentu membosankan. Adanya unsur visual seperti gambar atau gambar bergerak (video) akan lebih menarik bagi masyarakat agar mau melihatnya. Apalagi jika bisa memadukan unsur teks, gambar, gambar bergerak, dan video, audio, serta musik untuk membuat iklan lebih kece dan kekinian. Gambar produk di atas berupa gambar perhiasan.
  3. Tonjolkan keunggulan. Dalam iklan, keunggulan-keunggulan produk harus dijelaskan dan ditonjolkan. Keunggulan produk dan jasa yang diiklankan ini menjadi nilai plus dan jadi alasan mengapa target konsumen harus membeli atau menggunakan produk tersebut.
  4. Kalimat deskriptif. Kalimat deskriptif pada iklan sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang akan diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini harus menarik dan mudah dipahami oleh khalayak ramai. Kalimat yang susah dipahami akan mengurangi tujuan iklan itu sendiri. Kalimat deskriptif pada iklan di atas berupa jual beli perhiasn dan logam mulia.
  5. Kalimat persuasif atau ajakan. Selain deskriptif, harus ada kalimat persuasif atau ajakan. Fungsi kalimat persuasif penting untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau jasa yang sedang diiklankan. Kata-kata yang dipakai harus singkat dan bisa berbentuk slogan agar mudah diingat banyak orang.
  6. Kontak penjual. Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan kontak penjual.  Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat  toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon  pembeli lebih percaya dengan toko tersebut. Kontak penjual dalam iklan di atas ialah Jln. Kapuh No.10 Padang. Telp. (0751 46381).

Jadi, unsur iklan pada teks di atas ialah nama produk, gambar produk, kalimat deskriptif, dan kontak penjual.space 

0

Roboguru

Attention berarti iklan harus mampu menarik perhatian ....

Pembahasan Soal:

Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah).

Unsur-unsur teks iklan adalah sebagai berikut:

  1. Attention (perhatian), iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Interest (minat), setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  3. Desire (keinginan), suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  4. Conviction (rasa percaya), untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Action (tindakan), tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Berdasarkan penjelasan unsur teks iklan di atas, attention berarti iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Berdasarkan data di atas, yang merupakan unsur-unsur sebuah poster yaitu ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).

Sebuah poster memiliki unsur-unsur sebagai berikut.

  1. bersifat persuasif
  2. mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata
  3. dipajang di tempat umum

Berdasarkan data tersebut, unsur-unsur poster terdapat pada kalimat nomor 1), 4), dan 5).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D. undefined 

0

Roboguru

Iklan mudah dijumpai di . . . cetak dan elektronik.

Pembahasan Soal:

Iklan memiliki dua pengertian. Perta­ma, iklan adalah "berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar dapat tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Kedua, iklan adalah pemberitahuan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di da­lam media massa (seperti surat kabar clan majalah) atau di tempat umum''.

Iklan mudah dijumpai di media cetak dan elektronik. Media cetak adalah media yang dicetak, seperti surat kabar, majalah, buletin, dan sebagainya. Iklan media cetak dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuknya, yaitu iklan baris, iklan kolom, iklan poster. Media elektronik berbentuk media radio, televisi, internet, dan film. Media luar ruangan adalah media yang berada di luar ruangan, misalnya di jalan, taman, dan sebagainya. Contoh iklan ini adalah iklan baliho.undefined 

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan unsur-unsur iklan adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam penyajian secara lisan, Iklan dapat disimak melalui radio, televisi, atau internet. iklan merupakan gabungan teks lisan, tertulis, dan gerak. Unsur-unsur Iklan, slogan, dan poster adalah sebagai berikut:

  1. lklan: gambar kata-kata, gerak, dan suara. 
  2. Slogan: kata-kata dan suara.
  3. Poster: gambar dan kata-kata.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan  A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved