Pertanyaan

Tuliskan unsur-unsur buku nonfiksi!

Tuliskan unsur-unsur buku nonfiksi! 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur buku nonfiksi ada 7 seperti kita lihat pada penjelasan di atas.

unsur buku nonfiksi ada 7 seperti kita lihat pada penjelasan di atas.undefined 

Pembahasan

Pembahasan

Unsur-unsur buku nonfiksi memberikan kemudahan untuk memahami isi buku yang dibaca. Seluruh unsur buku nonfiksi yang terhubung satu sama lainnya akan saling terhubung dan membentuk satu karya yang utuh. Unsur-unsurnya antara lain : Sampul buku, memuat judul buku,penulis, dan nama penerbit. Selain itu sering juga disertai tahun terbit dan edisinya. Pokok bab buku, berisi kata pengantardisertai dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak berjasa yang sudah membantu penulis dalam menyusun buku tersebut. Judul bab dan sub bab, biasanya dimuat pada bagian daftar isi. Isi buku, terdiri atas beberapa bab yang di dalamnya memuat pendahuluan, paparan utama, dan penutup. Cara menyajikan isi buku, ada pada bagiandaftar pustaka berisi daftar buku dan sumber-sumber yang digunakan untuk menulis buku tersebut. Bahasa yang digunakan, biasanya dimuat pada halaman glosarium. Sistematika penulisan, merupakan unsur penting di dalam penyusunan tulisan nonfiksi. Tujuannya adalah untuk merapikan penulisannya sendiri. Sehingga disampaikan secara urut, runtut, dan membuatnya mudah untuk dipahami pembaca. Dengan demikian, unsur buku nonfiksi ada 7 seperti kita lihat pada penjelasan di atas.

Unsur-unsur buku nonfiksi memberikan kemudahan untuk memahami isi buku yang dibaca. Seluruh unsur buku nonfiksi yang terhubung satu sama lainnya akan saling terhubung dan membentuk satu karya yang utuh. Unsur-unsurnya antara lain :

  1. Sampul buku, memuat judul buku, penulis, dan nama penerbit. Selain itu sering juga disertai tahun terbit dan edisinya.
  2. Pokok bab buku, berisi kata pengantar disertai dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak berjasa yang sudah membantu penulis dalam menyusun buku tersebut.
  3. Judul bab dan sub bab,  biasanya dimuat pada bagian daftar isi.
  4. Isi buku, terdiri atas beberapa bab yang di dalamnya memuat pendahuluan, paparan utama, dan penutup.
  5. Cara menyajikan isi buku, ada pada bagian daftar pustaka berisi daftar buku dan sumber-sumber yang digunakan untuk menulis buku tersebut.
  6. Bahasa yang digunakan, biasanya dimuat pada halaman glosarium.
  7. Sistematika penulisan, merupakan unsur penting di dalam penyusunan tulisan nonfiksi. Tujuannya adalah untuk merapikan penulisannya sendiri. Sehingga disampaikan secara urut, runtut, dan membuatnya mudah untuk dipahami pembaca. 

Dengan demikian, unsur buku nonfiksi ada 7 seperti kita lihat pada penjelasan di atas.undefined 

553

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan lima judul buku nonfiksi dan penulisnya.

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia