Pertanyaan

Jelaskan anatomi buku nonfiksi!

Jelaskan anatomi buku nonfiksi!space 

  1. ...space 

  2. ...space 

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

anatomi buku nonfiksi terdiri dariDengan demikian, anatomi buku nonfiksi terdiri dari sampul buku, pokok bab buku, judul bab dan sub bab, isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang digunakan, dan sistematika penulisan .

anatomi buku nonfiksi terdiri dari Dengan demikian, anatomi buku nonfiksi terdiri dari sampul buku, pokok bab buku, judul bab dan sub bab, isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang digunakan, dan sistematika penulisan.space 

Pembahasan

Pembahasan

Buku nonfiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan kisah nyata dan bersifat fakta. Anatomi atau unsur buku nonfiksi terdiri dari: Sampul buku Pada bagian sampul buku biasanya memuat beberapa informasi. Mulai dari judul buku, nama penulis atau pengarang, serta nama penerbit buku. Bukan hanya itu, pada sebagian buku non fiksi juga menyertakan tahun terbit dan edisi buku yang diterbitkan. Pokok bab buku Pada bagian ini dibuat untuk memuat kata pengantar. Di sini, kata pengantar berisi tentang penjelasan isi buku secara keseluruhan, latar belakang dan tujuan penulisan, serta manfaat dari isi buku yang bisa didapatkan pembaca. Dalam kata pengantar, biasanya penulis juga menuliskan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penyusunan buku non fiksi tersebut. Judul bab dan sub bab Judul bab dan sub bab ini biasanya tercantum pada halaman daftar isi. Dalam halaman daftar isi ini, pembaca bisa mengetahui isi buku dari halaman awal hingga akhir. Isi buku Unsur isi buku ini terdiri dari beberapa bab yang memuat bagian pendahuluan, bagian utama atau isi, serta bagian penutup. Dalam hal ini, setiap informasi disajikan dengan gaya penulisan yang jelas dan terperinci. Sehingga pembaca dapat memahami isi informasi dengan baik secara keseluruhan. Cara menyajikan isi buku Dalam hal ini, Anda akan menemukan bagian daftar pustaka. Daftar pustaka ini dibuat untuk menyertakan berbagai sumber referensi yang digunakan penulis dalam penyusunan buku non fiksinya. Dengan begitu, jika pembaca tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan detail dari salah satu bagiannya bisa segera merujuk pada sumber referensi yang digunakan oleh penulis. Bahasa yang digunakan Unsur ini biasanya memuat glosarium yang berisi daftar istilah penting yang digunakan sebagai sumber penulisan buku tersebut. Glosarium ini juga memuat bahasa-bahasa yang digunakan penulis dalam tulisan yang telah disusun. Sehingga jika pembaca tidak mengetahui makna dari salah satu istilah yang digunakan, bisa merujuk pada bagian glosarium untuk mencari tahu artinya. Sistematika penulisan Dalam hal ini, penulis harus memperhatikan sistematika atau cara penyusunan tulisan dengan baik dan benar. Setiap informasi yang disajikan harus ditulis dengan runtut dan tidak acak atau sembarangan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembaca memahami isi informasi yang tersusun dalam buku tersebut. Jika hal ini diabaikan, maka pesan informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca tidak dapat diterima dengan baik. Dengan demikian, anatomi buku nonfiksi terdiri dariDengan demikian, anatomi buku nonfiksi terdiri dari sampul buku, pokok bab buku, judul bab dan sub bab, isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang digunakan, dan sistematika penulisan .

Buku nonfiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan kisah nyata dan bersifat fakta.

Anatomi atau unsur buku nonfiksi terdiri dari:

  1. Sampul buku
    Pada bagian sampul buku biasanya memuat beberapa informasi. Mulai dari judul buku, nama penulis atau pengarang, serta nama penerbit buku. Bukan hanya itu, pada sebagian buku non fiksi juga menyertakan tahun terbit dan edisi buku yang diterbitkan.
  2. Pokok bab buku
    Pada bagian ini dibuat untuk memuat kata pengantar. Di sini, kata pengantar berisi tentang penjelasan isi buku secara keseluruhan, latar belakang dan tujuan penulisan, serta manfaat dari isi buku yang bisa didapatkan pembaca. Dalam kata pengantar, biasanya penulis juga menuliskan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penyusunan buku non fiksi tersebut.
  3. Judul bab dan sub bab
    Judul bab dan sub bab ini biasanya tercantum pada halaman daftar isi. Dalam halaman daftar isi ini, pembaca bisa mengetahui isi buku dari halaman awal hingga akhir.
  4. Isi buku
    Unsur isi buku ini terdiri dari beberapa bab yang memuat bagian pendahuluan, bagian utama atau isi, serta bagian penutup. Dalam hal ini, setiap informasi disajikan dengan gaya penulisan yang jelas dan terperinci. Sehingga pembaca dapat memahami isi informasi dengan baik secara keseluruhan.
  5. Cara menyajikan isi buku
    Dalam hal ini, Anda akan menemukan bagian daftar pustaka. Daftar pustaka ini dibuat untuk menyertakan berbagai sumber referensi yang digunakan penulis dalam penyusunan buku non fiksinya. Dengan begitu, jika pembaca tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan detail dari salah satu bagiannya bisa segera merujuk pada sumber referensi yang digunakan oleh penulis.
  6. Bahasa yang digunakan
    Unsur ini biasanya memuat glosarium yang berisi daftar istilah penting yang digunakan sebagai sumber penulisan buku tersebut. Glosarium ini juga memuat bahasa-bahasa yang digunakan penulis dalam tulisan yang telah disusun. Sehingga jika pembaca tidak mengetahui makna dari salah satu istilah yang digunakan, bisa merujuk pada bagian glosarium untuk mencari tahu artinya.
  7. Sistematika penulisan
    Dalam hal ini, penulis harus memperhatikan sistematika atau cara penyusunan tulisan dengan baik dan benar. Setiap informasi yang disajikan harus ditulis dengan runtut dan tidak acak atau sembarangan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembaca memahami isi informasi yang tersusun dalam buku tersebut. Jika hal ini diabaikan, maka pesan informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca tidak dapat diterima dengan baik.

Dengan demikian, anatomi buku nonfiksi terdiri dari Dengan demikian, anatomi buku nonfiksi terdiri dari sampul buku, pokok bab buku, judul bab dan sub bab, isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang digunakan, dan sistematika penulisan.space 

532

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan lima judul buku nonfiksi dan penulisnya.

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia