Pertanyaan

 Bacalah cerita berikut!


Musim Layang-Layang

Rudi membuka jendela kamarnya. Di luar tampak puluhan layang-layang berwarna-wami berterbangan. Rudi hanya dapat memandangnya saja. Sudah dua hari ini Rudi tidak masuk sekolah karena sakit. Rudi tidak bisa berjalan. Kaki Rudi diperban. Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu. Waktu itu, Rudi bersama teman-temannya sedang mengejar layang-layang yang putus. Rudi terus saja mengejarnya. Rudi berlari sambil mendongakkan kepala ke atas memerhatikan layang-layang. Rudi tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya. Rudi terjatuh. Rudi merintih menahan sakit karena kakinya terkilir. Rudi dibantu teman-temannya dan seorang pedagang buah. Rudi pun segera diantar pulang ke rumah.space 

Tuliskan tokoh, latar, dan amanat yang terkandung pada cerita tersebut!

Tuliskan tokoh, latar, dan amanat yang terkandung pada cerita tersebut!space 

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah, latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu, latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya, dan amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.

dapat disimpulkan bahwa tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah, latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan  Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu, latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya, dan amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.space 

Pembahasan

Cerita pendek adalah cerita fiksi yang hanya memilki satu konflik. Tokoh adalah pelaku di dalam cerita. Tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah. Latar dapat dibedakan menjadi 3 yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. Latar waktu berkaitan dengan waktu terjadinya cerita. Latar tempat berkaitan dengan lokasi terjadinya cerita. Latar suasana berkaitan dengan suasana di dalam cerita. Latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu. Latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari. Amanat tersebut dapat diambil dari peristiwa yang dialami oleh tokoh yaitu Rudi berlari sambil mendongakkan kepala ke atas memperhatikan layang-layang. Rudi tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya sehingga Rudi terjatuh. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah, latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu, latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya, dan amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.

Cerita pendek adalah cerita fiksi yang hanya memilki satu konflik.

Tokoh adalah pelaku di dalam cerita.

  • Tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah.

Latar dapat dibedakan menjadi 3 yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. Latar waktu berkaitan dengan waktu terjadinya cerita. Latar tempat berkaitan dengan lokasi terjadinya cerita. Latar suasana berkaitan dengan suasana di dalam cerita.

  • Latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan  Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu.
  • Latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya.

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

  • Amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.

Amanat tersebut dapat diambil dari peristiwa yang dialami oleh tokoh yaitu Rudi berlari sambil mendongakkan kepala ke atas memperhatikan layang-layang. Rudi tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya sehingga Rudi terjatuh.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah, latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan  Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu, latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya, dan amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.space 

458

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan keterkaitan penokohan dengan amanat dalam kutipan cerpen tersebut!

3rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia