Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua teks di bawah ini dengan cermat!
 

  • Pendidikan ialah hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Melalui pendidikan kita bisa mendapat pencerahan dan menjadi apapun yang kita bisa kita raih dengan mencari ilmu dengan ulet baik di sekolah, di rumah maupun inginkan. Pendidikan juga bisa mengarahkan kita ke kehidupan yang lebih baik. Pendidikan tempat- tempat lain. Jika kita tidak mencari ilmu dengan fokus dan giat, tentunya apa yang kita lakukan sia-sia sebab tidak ada yang bisa dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya, kita tidak bisa mencapai cita-cita. Oleh sebab itu, marilah mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar kita dapat menggapai cita-cita.

 

  • Masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah pemerintah saja tetapi semua orang wajib menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Banyak akibat buruk yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan, seperti tanah longsor, kabut asap, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.space 

Tuliskan tindakan yang diharapkan penulis masing-masing teks tersebut dari pembacanya. Tuliskan pula fakta/pendapat di dalamnya yang memperkuat bujukan itu!

Tuliskan tindakan yang diharapkan penulis masing-masing teks tersebut dari pembacanya. Tuliskan pula fakta/pendapat di dalamnya yang memperkuat bujukan itu!space 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tindakan yang diharapkan penulis masing-masing teks tersebut dari pembacanya adalah harapan untuk mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar menggapai cita-cita dan harapan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

 tindakan yang diharapkan penulis masing-masing teks tersebut dari pembacanya adalah harapan untuk mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar menggapai cita-cita dan harapan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.space 

Iklan

Pembahasan

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Tulisan pada teks persuasi bersifat subjektif karena isinya merupakan murni pandangan pribadi penulisnya mengenai suatu topik. Tindakan yang diharapkan penulis pada teks 1dari pembacanya adalah harapan untuk mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar menggapai cita-cita. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat berikut. Oleh sebab itu, marilah mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar kita dapat menggapai cita-cita. Tindakan yang diharapkan penulis pada teks 2dari pembacanya adalah harapan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Hal itu dibuktikan oleh kalimat berikut. Oleh karena itu, jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita. Dengan demikian,tindakan yang diharapkan penulis masing-masing teks tersebut dari pembacanya adalah harapan untuk mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar menggapai cita-cita dan harapan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Tulisan pada teks persuasi bersifat subjektif karena isinya merupakan murni pandangan pribadi penulisnya mengenai suatu topik.

Tindakan yang diharapkan penulis pada teks 1 dari pembacanya adalah harapan untuk mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar menggapai cita-cita. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat berikut.

Oleh sebab itu, marilah mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar kita dapat menggapai cita-cita.

Tindakan yang diharapkan penulis pada teks 2 dari pembacanya adalah harapan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Hal itu dibuktikan oleh kalimat berikut.

Oleh karena itu, jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.

Dengan demikian, tindakan yang diharapkan penulis masing-masing teks tersebut dari pembacanya adalah harapan untuk mencari ilmu dengan ulet dan sungguh-sungguh agar menggapai cita-cita dan harapan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Struktur penegasan kembali dalam teks persuasi berfungsi untuk ….

11

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia