Roboguru

Tuliskan simpulan cerita tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri!

Pertanyaan

    Suatu hari di dasar laut si Karang datang kepada ibunya sambil menangis. la tampak menahan sakit. Sang Ibu tampak bingung.
    "Mengapa menangis, ada apa dengan tubuhmu?" sang Ibu berusaha meredakan tangis anaknya. Si Karang kecil kembali menangis dengan suara tertahan, "Ibu tubuhku dimasuki sebutir pasir, rasanya sakit sekali." Si Karang meneruskan pengaduannya.
    "Aku tak mampu menahannya, pasir itu masuk ke dalam cangkangku, tolonglah, Bu. Tolong bukalah cangkangku. Aku tak mampu membukanya, rasanya sakit sekali."
    Sayang sekali sang Ibu tak dapat memenuhi permintaan anaknya. Berhari-hari lamanya si Karang kecil menahan sakit. Setiap hari pula ia berdoa agar bisa terlepas dari derita ini. la berharap sekali agar pasir ini dapat dikeluarkan dan terangkat dari dalam tubuhnya. Berbulan bulan bahkan bertahun-tahun si Karang kecil menangis. Cangkang itu tidak pernah terbuka. Pasir yang bersemayam di dalamnya pun semakin mengeras. Pasir itu membesar menjadi sebuah batu yang mengkristal.
    Masa penantian si Karang kecil pun berakhir. Pasir yang menyakiti dirinya kini berubah menjadi benda indah. Pasir itu berubah menjadi mutiara yang sangat indah. undefined

Tuliskan simpulan cerita tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri! undefined

Pembahasan:

Simpulan adalah pendapat atau gagasan akhir dari suatu teks. Pernyataan tersebut dibuat dari ide pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas dengan menggunakan kalimat sendiri. Cerita tersebut mengisahkan tentang Si Karang yang menangis karena tubuhnya dimasuki sebutir pasir. Si Karang menangis kesakitan kepada ibunya. Pasir itu masuk ke dalam cangkang hingga semakin mengeras dan berubah menjadi sebuah yang mengkristal. Pada akhirnya, penderitaan Karang kecil berakhir, pasir tersebut berubah menjadi mutiara yang sangat indah.

Dengan demikian, simpulan cerita tersebut adalah kerang kecil yang kesakitan akibat pasir kecil yang berada di dalam tubuhnya. Namun, pada akhirnya pasir kecil itu berubah menjadi mutiara yang sangat cantik.space

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tahapan dalam merencanakan penyusunan teks cerita fantasi ketika kita memperdalam ide dengan mencari berbagai inspirasi adalah tahap ….

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved