Roboguru

Perhatikan teks cerita fantasi berikut!       Di sebuah perkampungan, ada seorang pemuda yang miskin dan hidup sebatang kara. Ia adalah pemuda yang sabar, tabah, dan baik hati meskipun hidupnya miskin. Pemuda itu tinggal di sebuah gubuk peninggalan orang tuanya. Sebenarnya, gubuk itu pun sudah rapuh dan kurang layak untuk ditinggali.     Pekerjaan sang pemuda adalah seorang pencari kayu bakar di hutan. Ketika sang pemuda sedang mencari kayu bakar, ia mendengar suara yang aneh dari balik semak-semak. Ia pun mencoba mendekati dan memeriksa apa yang ada di balik semak tersebut. Ternyata, ia menemukan seekor singa yang sedang meraung kesakitan. Ketika pemuda tersebut mencoba menghampiri lebih dekat, singa sadar akan kedatangan pemuda itu dan meminta tolong kepadanya.     Sang pemuda merasa cemas melihat keadaan singa tersebut. Setelah dilihat, ternyata ada serpihan kayu tajam yang bersarang di punggung singa. Sang pemuda merasa takut diterkam oleh singa, tetapi ia juga prihatin akan keadaan singa. Akhirnya, ia menghampiri singa dan mencoba menolong singa dengan apa yang ia bisa. Dengan kebaikan hati sang pemuda, serpihan kayu tajam itu dengan mudahnya dicabut dari punggung singa. Sang Raja Hutan berterima kasih dan berjanji akan melindungi pemuda tersebut dari segala mara bahaya yang ada di hutan.    MadeBlog. 2021. “Contoh Cerita Fantasi Balas Budi Singa”. www.madeblog.com . Diakses dan diadaptasi pada 19 Maret 2021.  https://made-blog.com/contoh-cerita-fantasi-n/   Variasi yang dapat dilakukan untuk teks di atas adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan teks cerita fantasi berikut! 



     Di sebuah perkampungan, ada seorang pemuda yang miskin dan hidup sebatang kara. Ia adalah pemuda yang sabar, tabah, dan baik hati meskipun hidupnya miskin. Pemuda itu tinggal di sebuah gubuk peninggalan orang tuanya. Sebenarnya, gubuk itu pun sudah rapuh dan kurang layak untuk ditinggali.

    Pekerjaan sang pemuda adalah seorang pencari kayu bakar di hutan. Ketika sang pemuda sedang mencari kayu bakar, ia mendengar suara yang aneh dari balik semak-semak. Ia pun mencoba mendekati dan memeriksa apa yang ada di balik semak tersebut. Ternyata, ia menemukan seekor singa yang sedang meraung kesakitan. Ketika pemuda tersebut mencoba menghampiri lebih dekat, singa sadar akan kedatangan pemuda itu dan meminta tolong kepadanya.

    Sang pemuda merasa cemas melihat keadaan singa tersebut. Setelah dilihat, ternyata ada serpihan kayu tajam yang bersarang di punggung singa. Sang pemuda merasa takut diterkam oleh singa, tetapi ia juga prihatin akan keadaan singa. Akhirnya, ia menghampiri singa dan mencoba menolong singa dengan apa yang ia bisa. Dengan kebaikan hati sang pemuda, serpihan kayu tajam itu dengan mudahnya dicabut dari punggung singa. Sang Raja Hutan berterima kasih dan berjanji akan melindungi pemuda tersebut dari segala mara bahaya yang ada di hutan.   

MadeBlog. 2021. “Contoh Cerita Fantasi Balas Budi Singa”. www.madeblog.com . Diakses dan diadaptasi pada 19 Maret 2021. 
https://made-blog.com/contoh-cerita-fantasi-n/

 


Variasi yang dapat dilakukan untuk teks di atas adalah ....space space 

  1. mengubah narasi pada paragraf kedua menjadi dialogspace space 

  2. menambahkan akhir cerita pada paragraf ketigaspace space 

  3. mengubah tokoh pemuda yang baik hati menjadi angkuhspace space 

  4. menambahkan peristiwa tentang kematian orang tua pemuda pada paragraf pertamaspace space 

Pembahasan:

Setelah menyusun teks cerita fantasi, hal yang dapat dilakukan adalah memvariasikan teks cerita fantasi. Untuk memvariasikan sebuah teks, terdapat tiga cara, yaitu 

  • mengubah narasi menjadi dialog; 
  • mengubah alur cerita; dan 
  • mengubah akhir cerita.


Berdasarkan penjelasan tersebut, teks di atas dapat divariasikan dengan cara mengubah narasi pada paragraf kedua menjadi dialog agar cerita tersebut lebih menarik bagi pembaca. Teks di atas belum terdapat dialog sehingga dapat divariasikan dengan mengubah paragraf kedua menjadi beberapa dialog. Seluruh kalimat pada paragraf kedua dapat diubah menjadi dialog. 

  • Pilihan B tidak tepat karena pada paragraf ketiga sudah terdapat akhir cerita. 
  • Pilihan C tidak tepat karena tokoh dalam cerita tidak dapat diubah. Hal yang dapat diubah dalam memvariasikan teks adalah alur, narasi, dan akhir cerita. 
  • Pilihan D tidak tepat karena fokus cerita fantasi di atas adalah tentang pemuda yang menolong singa, bukan tentang kehidupan pemuda. 


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 
 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks cerita fantasi berikut!   Sepasang Saudara Penyihir         Di sebuah desa yang sangat damai, hiduplah dua saudara bernama James dan Depay. Mereka berdua adalah manusia istimewa ka...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved