Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan rumus untuk nama atau nama untuk rumus dari asam dan basa berikut: Asam klorat HBrO Ammoniumhidroksida KOH Fe ( OH ) 2 ​

Tuliskan rumus untuk nama atau nama untuk rumus dari asam dan basa berikut:

  1. Asam klorat
  2. space
  3. Ammonium hidroksida
  4. space
  5. space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Rumus kimia untukasam klorat = HClO 3 ​ ,ammoniumhidroksida : NH 4 ​ OH ; nama senyawa HBrO =asam bromat, KOH = kalium hidroksida, Fe ( OH ) 2 ​ =besi(II) hidroksida. Asam adalah senyawa kovalen polar yang mengandung ion H + . Senyawa asam ada dua jenis, yaitu asam biner dan asam okso. Nama senyawa asam biner HX dengan cara asam + hidro-nonlogam-at. Dengan H = asam dan X = nonlogam. Atau HX dengan H = asam dan X = anion. Nama asam okso sama dengan nama anion okso yang diawali dengan kata asam. Basa adalah zat yang dapat melepaskan ion hidroksida (OH-) dalam air. Senyawa basa merupakan senyawa ionik yang terdiri atas kation dan anion OH-. Kation basa umumnya adalah ion-ion logam. Nama basa dinyatakan dengan menyebutkan nama kation + hidroksida. Rumus untuk nama atau nama untuk rumus dari asam dan basa berikut: Asam klorat : HClO 3 ​ HBrO : asam bromat Ammoniumhidroksida : NH 4 ​ OH KOH : kalium hidroksida Fe ( OH ) 2 ​ : besi(II) hidroksida.

Rumus kimia untuk asam klorat = , ammonium hidroksida : ; nama senyawa space= asam bromat, space= kalium hidroksida, space= besi(II) hidroksida.

Asam adalah senyawa kovalen polar yang mengandung ion . Senyawa asam ada dua jenis, yaitu asam biner dan asam okso. Nama senyawa asam biner HX dengan cara asam + hidro-nonlogam-at. Dengan H = asam dan X = nonlogam. Atau HX dengan H = asam dan X = anion. Nama asam okso sama dengan nama anion okso yang diawali dengan kata asam.

Basa adalah zat yang dapat melepaskan ion hidroksida (OH-) dalam air. Senyawa basa merupakan senyawa ionik yang terdiri atas kation dan anion OH-. Kation basa umumnya adalah ion-ion logam. Nama basa dinyatakan dengan menyebutkan nama kation + hidroksida.

Rumus untuk nama atau nama untuk rumus dari asam dan basa berikut:

  1. Asam klorat :  
  2. space: asam bromat
  3. Ammonium hidroksida :  
  4. space: kalium hidroksida
  5. space: besi(II) hidroksida.space

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berilah nama senyawa-senyawa yang ditunjukkan dengan rumus-rumus sebagai berikut: Fe ( CN ) 3 ​ NaNO 3 ​ HClO 4 ​ SnCl 2 ​

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia