Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan rumus molekul dari senyawa berikut. Tembaga oksida

Tuliskan rumus molekul dari senyawa berikut.

Tembaga oksida

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

rumus molekul dari senyawa tembaga oksida adalah CuO

rumus molekul dari senyawa tembaga oksida adalah 

Iklan

Pembahasan

Senyawa biner dapat terbentuk dari unsur logam dan unsur nonlogam, atau terbentuk dari unsur-unsur nonlogam.Penamaan senyawa biner yang terbentuk dari unsur logam dan unsur nonlogam berhubungan dengan atom-atom yang menyusunnya. Nama logam ditulis lebih dahulu diikuti dengan nama nonlogam dan diberi akhiran -ida.Penamaan senyawa biner yang terbentuk dari unsur-unsur nonlogam berhubungan dengan jenis unsur yang menyusunnya dan jumlah atomnya. Penulisan rumus kimia senyawa biner didahului oleh unsur yang lebih elektro positif dan diikuti oleh unsur yang lebih elektronegatif. Penamaan senyawa biner dari unsur logam dan nonlogam mengikuti aturan berikut. Unsur yang berada di depan (unsur logam) sebagai kationdiberi nama sesuai dengan nama unsur tersebut. Unsur yang berada di belakang (unsur nonlogam) sebagai anion diberi nama sesuai dengan nama unsur tersebut dengan mengganti akhiran unsur menjadi akhiran -ida. Penyebutan senyawa dari unsur logam yang mempunyai lebih dari satu bilangan oksidasi disertai muatan kationnya dalam angka Romawi, lalu diikuti nama unsur anion. Kation(ion positif) merupakan unsur logam, sedangkan anion (ion negatif) merupakan unsur nonlogam. Angka Romawi ditulis dalam tanda kurung. Untuk senyawa dengan nama "tembaga oksida" merupakan senyawa biner logam-nonlogam, Kationnya adalah Tembaga Cu 2 + dan Anionnya adalah oksigen O 2 − Cu 2 + + O 2 − → CuO Sehingga, rumus kimia tembaga oksida adalah CuO . Jadi rumus molekul dari senyawa tembaga oksida adalah CuO

Senyawa biner dapat terbentuk dari unsur logam dan unsur nonlogam, atau terbentuk dari unsur-unsur nonlogam. Penamaan senyawa biner yang terbentuk dari unsur logam dan unsur nonlogam berhubungan dengan atom-atom yang menyusunnya. Nama logam ditulis lebih dahulu diikuti dengan nama nonlogam dan diberi akhiran -ida. Penamaan senyawa biner yang terbentuk dari unsur-unsur nonlogam berhubungan dengan jenis unsur yang menyusunnya dan jumlah atomnya. Penulisan rumus kimia senyawa biner didahului oleh unsur yang lebih elektro positif dan diikuti oleh unsur yang lebih elektronegatif. 

Penamaan senyawa biner dari unsur logam dan nonlogam mengikuti aturan berikut.

  1. Unsur yang berada di depan (unsur logam) sebagai kation diberi nama sesuai dengan nama unsur tersebut.
  2. Unsur yang berada di belakang (unsur nonlogam) sebagai anion diberi nama sesuai dengan nama unsur tersebut dengan mengganti akhiran unsur menjadi akhiran -ida. 
  3. Penyebutan senyawa dari unsur logam yang mempunyai lebih dari satu bilangan oksidasi disertai muatan kationnya dalam angka Romawi, lalu diikuti nama unsur anion. Kation (ion positif) merupakan unsur logam, sedangkan anion (ion negatif) merupakan unsur nonlogam. Angka Romawi ditulis dalam tanda kurung.

Untuk senyawa dengan nama "tembaga oksida" merupakan senyawa biner logam-nonlogam, 

Kationnya adalah Tembaga  dan Anionnya adalah oksigen 

Sehingga, rumus kimia tembaga oksida adalah .

Jadi rumus molekul dari senyawa tembaga oksida adalah 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan rumus kimia dari senyawa berikut ini. Kromium(III) sulfat

38

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia