Roboguru

Pertanyaan

Tuliskan reaksi polimerisasi dari polistirena dan dakron! Jelaskan pula reaksi polimerisasi yang terjadi dan jenis polimer berdasarkan jenis monomernya!

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Polimer adalah suatu struktur molekul besar (makromolekul) rantai panjang yang tersusun atas molekul-moleku kecil yang disebut monomer.

  • Polimerisasi dari polistirena
    Polistirena merupakan polimer yang tersusun dari banyak monomer stirena. Reaksi polimerisasi polistirena merupakan jenis reaksi adisi, yaitu dengan cara pemutusan ikatan rangkap untuk berikatan dengan monomer lain. Polistirena termasuk golongan homopolimer, karena hanya tersusun dari 1 jenis monomer yaitu stirena.

        

  • Polimerisasi dari dakron
    Reaksi polimerisasi dakron merupakan jenis reaksi kondensasi, yaitu penggabungan dua jenis monomer yang berbeda dengan melepaskan molekul kecil dari gugus aktif. Dakron termasuk golongan kopolimer, karena tersusun dari 2 jenis monomer berbeda yaitu etilen glikol dan asam tereftalat.


Jadi, reaksi polimerisasi pada polistirena adalah adisi dan pada dakron adalah kondensasi, jenis polimer yang terjadi polistirena adalah homopolimer karena hanya terdiri dari satu jenis monomer, sedangkan jenis polimer dakrom adalah kopolimer karena terdiri dari 2 jenis monomer yang berbeda.

 

463

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Apakah yang dimaksud dengan polimerisasi? Tuliskan macam-macam polimer.

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia