Roboguru

Tuliskan perbedaan pendapat tentang Proklamasi Kemerdekaan dan peristiwa Rengasdengklok...

Pertanyaan

Tuliskan perbedaan pendapat tentang Proklamasi Kemerdekaan dan peristiwa Rengasdengklok...

Pembahasan Soal:

Golongan muda berpendapat bahwa golongan tua terlalu lamban bereaksi terhadap kekalahan Jepang. Dan berusaha terus mendesak kepada Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia karena Jepang sudah kalah sehingga tidak ada alasan lagi bagi Jepang untuk menghalangi rakyat Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan. Golongan tua berpendapat bahwa masalah proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dipersiapkan secara matang dan harus dibicarakan dahulu dalam rapat PPKI. Dan golongan tua tidak berani melanggar ketentuan militer Jepang krena khawatir akan terjadi pertumpahan darah sebab kekuatan militer Jepang masih berada di Indonesia yang ditugaskan Sekutu untuk menjaga statusquo wilayah Indonesia. Perbedaan pendapat antara golongan pemuda dengan golongan tua mengenai waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia inilah yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa Rengasdengklok.

Dengan demikian, perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda adalah berkaitan dengan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia dari mulai proses persiapan hingga pelaksanaan proklamasi, perbedaan ini menyebabkan peristiwa Rengasdengklok.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Urutan kronologi peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan...

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan rangkaian peristiwa-peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

  • 1 Maret 1945 : Pembentukan BPUPKI,
  • 6 Agustus 1945 : Hiroshima di bom atom oleh Sekutu,
  • 7 Agustus 1945 : Pembentukan PPKI,
  • 9 Agustus 1945 : Nagasaki di bom atom oleh Sekutu,
  • 12 Agustus 1945 : Soekarno dan Hatta bertemu Marsekal Hisaichi Terauchi di Dalat ,
  • 15 Agustus 1945 : Tiba kembali di Indonesia,
  • 16 Agustus 1945 : Peristiwa Rengasdengklok,
  • 17 Agustus 1945 : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, perjalanan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan ini sudah dimulai sejak pembentukan BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945. Hingga akhirnya perjuangan ini mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 ditandai dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Roboguru

Jelaskan secara singkat kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terbagi dalam 5 (lima) peristiwa pada saat itu!

Pembahasan Soal:

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 17 Agustus 1945, adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka melepaskan diri dari penjajahan. Adapun peristiwa tersebut, terjadi bukan secara langsung, secara kronologis, Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dapat dilihat dalam lima peristiwa yang berhubungan, yaitu.

  • 6 Agustus 1945: Kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.
  • 9 Agustus 1945: Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat.
  • 12 Agustus 1945: Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
  • 15 Agustus 1945: Jepang menyerah tanpa syarat ke Sekutu dan terjadi kekosongan kekuasaan (vacuum of power) di Indonesia. Golongan muda mendesak Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan
  • 16 Agustus 1945: Dini hari, Soekarno dan Moh Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio.
  • 16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Soekarno dan Moh Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  • 17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Soekarno dan Moh Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Jadi, peristiwa proklamasi kemerdekaan Indoensia, terjadi bukan secara tiba-tiba, melainkan terjadi sebagai serangkaian sebab-akibat dari peristiwa sebelumnya.

Roboguru

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu deklarasi atau sikap bangsa Indonesia yang telah merdeka dari segala bentuk penjajahan. 

Roboguru

Jelaskan dampak perang dunia terhadap integrasi nasional bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal:

Perang Dunia secara tidak langsung ternyata memiliki dampak yang signifikan. Dampak yang dimaksud adalah realisasi kemandirian sebagai bangsa melalui proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang dicanangkan mulai kelahiran kesadaran nasional 1908. Pada 1942 Jepang datang ke Indonesia dan mengakhiri kekuasaan kolonial belanda yang dirintis sejak 3.5 abad sebelumnya. Namun baru 3.5 tahun berkuasa Jepang harus mengakhiri kekuasaan mereka di Nusantara karena kalah perang dari AS. 1945 terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia yang memberikan momen bagi para pendiri bangsa untuk melakukan proklamasi.undefined

Dengan demikian, perang dunia membawa dampak yang besar bagi integrasi bangsa Indonesia yaitu dengan kalahnya Jepang terhadap sekutu, memberi kesempatan bagi Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Roboguru

Apa Makna tentang proklamasi kemerdekaan 17-8-45?

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Makna tersebut, yaitu tanda lahirnya NKRI, tonggak sejarah bangsa Indonesia, dan sebagai wwal perjuangan baru. Jadi, jawabannya adalah tanda lahirnya NKRI, tonggak sejarah bangsa Indonesia, dan sebagai wwal perjuangan baru.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved