Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan larutan elektrolit senyawa kovalen !

Tuliskan perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan larutan elektrolit senyawa kovalen !

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen adalah seperti uraian di atas.

perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen adalah seperti uraian di atas.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena adanya ion-ion yang dapat bergerak bebas. Senyawa ion memiliki ikatan ion, dalam bentuk lelehan dan larutan, dapat terionisasi sempurna menghasilkan ion-ion yang dapat bergerak bebas. Oleh sebab itu, larutan yang bersumber dari senyawa ionik dapat menghantarkan arus listrik dengan baik dan termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat. Senyawa kovalen memiliki ikatan kovalen.Berdasarkan kepolarannya, senyawa kovalen terbagi menjadi senyawa kovalen polar dan senyawa kovalen non polar.Senyawa kovalen polar dalam bentuk larutannya dapat terionisasi sempurna atau terionisasi sebagian menjadi ion-ionnya sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Apabila senyawanya terionisasi sempurna maka akan dihasilkan larutan elektrolit kuat, sedangkan bila senyawanya terionisasi sebagian maka akan dihasilkan larutan elektrolit lemah. Jadi, perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen adalah seperti uraian di atas.

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena adanya ion-ion yang dapat bergerak bebas. Senyawa ion memiliki ikatan ion, dalam bentuk lelehan dan larutan,  dapat terionisasi sempurna menghasilkan ion-ion yang dapat bergerak bebas. Oleh sebab itu, larutan yang bersumber dari senyawa ionik dapat  menghantarkan arus listrik dengan baik dan termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat.

Senyawa kovalen memiliki ikatan kovalen. Berdasarkan kepolarannya, senyawa kovalen terbagi menjadi senyawa kovalen polar dan senyawa kovalen non polar. Senyawa kovalen polar dalam bentuk larutannya dapat terionisasi sempurna atau terionisasi sebagian menjadi ion-ionnya sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Apabila senyawanya terionisasi sempurna maka akan dihasilkan larutan elektrolit kuat, sedangkan bila senyawanya terionisasi sebagian maka akan dihasilkan larutan elektrolit lemah.

Jadi, perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen adalah seperti uraian di atas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

X AK-5 Alwan Fauzirrohman

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data sifat fisik dari 2 buah zat berikut! Berdasarkan data tersebut, jenis ikatan yang terdapat pada zat A dan zat Bberturut-turut adalah ....

23

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia