Roboguru

Tuliskan pengertian Revolusi Hijau!

Pertanyaan

Tuliskan pengertian Revolusi Hijau! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Revolusi hijau merupakan sebuah upaya perubahan sistem dan budaya pertanian dengan menggunakan teknologi-teknologi modern dengan tujuan meningkatkan hasil panen. Munculnya revolusi hijau didasari oleh berbagai masalah yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Salah satu masalah tersebut adalah jumlah penduduk yang pesat, tetapi tidak diimbangi oleh peningkatan produksi pertanian. Dalam perkembangannya, revolusi hijau mampu membawa sejumlah dampak postif dan negatif di berbagai negara berkembang, tak terkecuali Indonesia. 

Dengan demikian, revolusi hijau merupakan sebuah upaya perubahan sistem dan budaya pertanian dengan menggunakan teknologi-teknologi modern dengan tujuan meningkatkan hasil panen.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa Orde Baru, modernisasi pertanian dikenal dengan istilah ...

Pembahasan Soal:

Masa pemerintahan Orde Baru memiliki suatu program yang ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dengan modernisasi pertanian. Banyak alat-alat pertanian tradisional diubah menjadi alat-alat pertanian modern yang akan mendukung peningkatan hasil pertanian, terutama beras. Program ini disebut sebagai Revolusi Hijau.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Sebutkan perkembangan revolusi hijau menurut Tivy!

Pembahasan Soal:

Perkembangan Revolusi Hijau menurut Tivy adalah sebagai berikut. 

  • Peningkatan mekanisasi pertanian dan selanjutnya proses penggantian energi yang mulanya disuplai dengan tenaga ternak dan tenga manusia dengan energi traktor, bersama-sama dengan pengembangan tingkat yang bervariasi, pemakaian yang lebih maju yang didesain untuk mengatasi setiap tahap dalam proses bercocok tanam, kultivasi tanaman, dan produksi peternakan.
  • Perkembangan yang cepat dalam program-program pemulihan hewan dan tanaman. Program-program ini menghasilkan varietas tanaman yang berproduksi tinggi, melalui pemakaian input hara yang tinggi dan dengan suatu bentuk dan gaya pertumbuhan yang cocok dengan pertanian yang bermekanisasi dan peternakan mencapai produktivitas yang tinggi.

Jadi, perkembangan Revolusi Hijau menurut Tivy adalah peningkatan mekanisasi pertanian dan perkembangan yang cepat dalam pemulihan hewan serta tanaman.

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara revolusi hijau pada masa Orde Baru dan masa Reformasi!

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian melalui kebijakan modernisasi pertanian yakni kebijakan dengan mengganti teknologi tradisional ke teknologi pertanian yang modern.

Pada masa orde baru, revolusi hijau dilakukan secara besar-besaran dengan memberikan subsidi kepada para petani dalam rangka memajukan petani-petani di Indonesia. Selain penggunaan bajak sawah sebagai pengganti cangkul, pemerintah juga menginisiasi penggunaan pupuk, program ekstensifikasi, dan diversifikasi tanaman yang akan dijadikan produksi pertanian. Selain itu daerah - daerah diluar pulau Jawa juga dibuka untuk menambah jumlah lahan pertanian dan memuluskan Transmigrasi. Hasil yang paling mencolok adalah ketika Indonesia mampu mencapai swasembada pangan di awal tahun 1980-an.

Sedangkan pada masa reformasi hingga kini, revolusi hijau tidak terlalu memberikan dampak besar seperti masa orde baru. Banyak yang terbawa arus politik, hingga mengabaikan kebijakan yang mengarah pada revolusi hijau, terbukti pada anggaran untuk pertanian yang rendah. Alasan lain juga muncul, dari petani yang menyadari mekanisme pasar dan mencari keuntungan dari bidang lain.

Dengan demikian, perbedaan Revolusi Hijau pada masa Orde Baru dan Reformasi terletak pada prosesnya.  Ketika Orde Baru, Revolusi Hijau berkembang dengan sangat pesat karena merupakan bagian utama dari program pemerintah.undefinedSedangkan masa Reformasi,  revolusi hijau tidak berkembang pesat seperti masa orde baru. Karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni dari pihak pemerintah hingga para petani. 

Roboguru

Pada masa Orde Baru, modernisasi pertanian dikenal dengan istilah...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan sebuah upaya modernisasi sistem dan budaya pertanian di negara-negara berkembang. Melalui Revolusi Hijau petani dikenalkan dengan penggunaan pupuk buatan, pestisidan, bibit unggul, peralatan pertanian modern dan sistem budidaya pertanian yang baru. Untuk penerapan Revolusi Hijau di Indonesia terjadi pada masa Orde Baru, pada tahun 1970-1980. Pada saat itu, pemerintah Orde Baru membangun dan mengembangkan program-program modernisasi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian Indonesia. Revolusi Hijau pada masa pemerintahan Suharto berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan besar dunia pada dekade 1980. Adapun dampak positif dari Revolusi Hijau, yaitu:

  • meningkatkanya kesejahteraan petani,
  • menguatnya perekonomian pedesaan,
  • meningkatkan ketahanan pangan nasional, salah satunya produk serealia, dan
  • membuka kesadaran masyarakat pedesaan akan pentingnya adaptasi teknologi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Yang dimaksud dengan “Revolusi Hijau” adalah pengembangan teknologi pertanian untuk ...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau adalah salah satu kebijakan yang diberlakukan pada masa Orde Baru, tepatnya sejak Pembangunan Lima Tahun (Pelita) I 1969-1974. Revolusi Hijau adalah suatu bentuk upaya pemerintah untuk mengembangkan teknologi pertanian dari teknologi tradisional ke teknologi modern. Kebijakan ini dimaksudkan untuk menemukan berbagai varietas bibit unggul pertanian seperti padi, gandum, dan jagung. Revolusi ini memfokuskan kegiatannya pada peningkatan hasil pertanian seperti beras. Terdapat empat program dalam Revolusi Hijau, yaitu intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, divesifikasi pertanian, dan rehabilitasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved